sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Pernah Merasa Mual saat Menyusui? Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya Yuk

Khesedtov Bana   |   Haibunda Sabtu, 11 Jun 2022 07:10 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia caption

Jakarta – Menyusui adalah masa yang indah saat Bunda akhirnya bisa bertemu langsung dan mendekap Si Kecil setelah 9 bulan penantian. Mampu memberikan nutrisi terbaik melalui ASI pun juga pastinya merupakan kebahagiaan tersendiri untuk Bunda ya.

Namun, memang diakui menyusui juga merupakan masa dengan penuh tantangan bagi Bunda pejuang ASI. Karena, bisa saja muncul berbagai hambatan semisal ASI seret, payudara bengkak, atau puting lecet. Bahkan, ada lho Bunda yang merasa mual setiap kali menyusui, kok bisa?

Dalam beberapa kasus, Bunda juga bisa alami mual ketika menyusui. Namun, mual yang Bunda rasakan tidak disebabkan oleh menyusui itu sendiri. Ada beberapa faktor lain di baliknya. 


Seperti lepasnya hormon oksitosin. Hormon ini sebetulnya mendorong perasaan senang saat Bunda berpelukan dengan Si Kecil. Namun, melansir dari Romper, jika dorongan hormon ini terlalu banyak, Bunda akan menjadi mual.

Selain hormon oksitosin, kelelahan dan lapar dapat membuat Bunda mual saat menyusui, lho. Jika ini sering terjadi, membawa makanan ringan yang sehat untuk menjadi camilan Bunda akan sangat menolong.

Banner Risiko Hamil di Usia 35 TahunRisiko Hamil di Usia 35 Tahun/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Puting yang pecah ternyata dapat membuat Bunda mual dari rasa sakit yang dirasa. Mudahnya, Bunda dapat membenarkan posisi mulut Si Kecil dan puting akan membaik, begitu pula dengan mual yang Bunda rasa.

Saat menyusui, Bunda juga harus memerhatikan asupan minuman, nih. Dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab Bunda alami mual saat menyusui. Selain dehidrasi, tidak menutup kemungkinan bila Bunda alami kehamilan saat menyusui buah hati.

Meningkatnya produksi ASI pasti sejalan dengan meningkatnya kebutuhan susu Si Kecil. Hal ini pasti akan merubah hormon dan membuat Bunda merasa mual. 

Bunda dapat meringankan rasa mual dengan meminum air jahe atau teh peppermint. Bunda juga bisa menggunakan minyak aroma terapi untuk menenangkan mual. Konsumsi roti dan air saat menyusui dapat meringankan mual yang Bunda rasakan. Bunda bisa berkonsultasi pada dokter jika ada perubahan ASI setelah mengonsumsi hal-hal tersebut.

Jika mual tidak kunjung reda, Bunda bisa mengonsumsi obat namun harus di bawah penanganan dokter, ya. Obat-obatan harus yang diresepkan oleh dokter, karena apa yang Bunda konsumsi bisa dirasakan oleh bayi juga. Maka, mengonsumsi obat juga akan membuat dokter memonitor Si Kecil.

Simak tips cegah rasa mual saat menyusui di halaman selanjutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab sakit kepala hebat saat menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA CEGAH RASA MUAL SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!