sign up SIGN UP search


menyusui

Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Menyusui

Asri Ediyati Sabtu, 24 Oct 2020 15:47 WIB
ilustrasi mual muntah caption
Jakarta -

Bunda pernah mengalami mual saat menyusui? Menurut konselor laktasi dan spesialis perawat klinis di Program Kesehatan Wanita dan Bayi di Rumah Sakit Mount Sinai di Toronto, Susan Guest, ini bukanlah hal umum.

"Ini bukan gejala umum, tetapi beberapa wanita mengalami mual dengan refleks letdown," kata Guest, dikutip dari Today's Parents.

Guest mengatakan, mual saat menyusui ada kaitannya dengan pelepasan hormon oksitosin, yang juga merangsang usus untuk mengeluarkan sekresi lambung dan berpotensi menyebabkan mual.


Mual saat menyusui sering terjadi selama beberapa minggu pertama menyusui. Terutama, ketika Bunda juga sangat lelah dan mungkin lupa minum cukup cairan (menyebabkan dehidrasi) atau melewatkan makan.

"Ini mirip denganĀ mual yang dialami beberapa wanita selama kehamilan," kata Guest.

Bagaimana cara mengatasinya? Guest menyarankan agar para ibu kembali ke nasihat yang mereka ikuti untuk mengobati mual karena morning sickness.

Motherisk, sebuah penelitian klinis dan program pengajaran di SickKids di Toronto, merekomendasikan untuk mengunyah camilan kecil setiap satu hingga dua jam. Guest merekomendasikan untuk tetap konsumsi pada makanan kaya karbohidrat dengan protein, seperti biskuit tawar dan roti panggang dengan keju atau hummus.

Para ahli di Motherisk mengatakan bahwa minuman dingin, dan es loli dapat mengurangi rasa logam di mulut yang terkait dengan mual. Menurut Motherisk, ibu menyusui yang merasakan mual harus menunggu 20-30 menit setelah makanan camilan kecil sebelum menyesap air, teh, atau jus untuk mengurangi perasaan kenyang, yang dapat meningkatkan gas, kembung, refluks asam, dan mual.

Kemudian, coba juga perhatikan tanda lainnya, menurut Susan Guest, ibu menyusui yang hamil lagi juga pastinya akan mengalami mual.

Sementara konselor laktasi Rebecca Koyf, IBCLC, CLC mengatakan bahwa ibu menyusui juga perlu istirahat yang cukup.

"Beristirahatlah kapan pun Anda bisa. Tidurlah saat bayi tidur dan cari bantuan dari keluarga dan teman," katanya, dikutip dari Mom Junction.

Simak juga cara mencegah mastitis:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi