sign up SIGN UP search


menyusui

Serba-serbi IMD yang Penting untuk Bayi Baru Lahir, Mulai Cara hingga Manfaatnya

Arina Yulistara   |   Haibunda Rabu, 22 Jun 2022 07:10 WIB
Mother breastfeeding newborn baby in hospital ward, first breastfeeding Serba-serbi IMD yang Penting untuk Bayi Baru Lahir, Mulai Cara hingga Manfaatnya/Foto: Getty Images/isayildiz

Tak terasa Bunda mulai mendekati hari perkiraan lahir (HPL). Untuk itu, ada baiknya Bunda mulai memahami tujuan inisiasi menyusui dini (IMD) yang penting untuk kesehatan bayi baru lahir.

Kelahiran seorang bayi tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Bunda dan Ayah. Sebagai ibu baru (baik baru anak pertama atau setelahnya), Bunda harus segera menerapkan inisiasi menyusui dini kepada si kecil.

Apa itu inisiasi menyusui dini? Pentingkah tujuan inisiasi menyusui dini untuk Bunda dan Si Kecil?


Ternyata terdapat ragam manfaat dan tujuan inisiasi menyusui dini yang bisa diperoleh oleh Bunda dan buah hati tercinta. Berikut serba-serbi tujuan inisiasi menyusui dini yang perlu Bunda pahami sebelum melahirkan.

Apa itu inisiasi menyusui dini?

Mengutip dari laman World Health Organization (WHO), inisiasi menyusui dini adalah proses menyusui yang dilakukan dalam satu jam pertama setelah bayi lahir. Jadi saat bayi lahir segera ditempatkan di dada Bunda dan memperoleh ASI atau air susu ibu pertama kali.

Banner Lahirkan Bayi Down SyndromeLahirkan Bayi Down Syndrome/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Saat ditempatkan di atas dada Bunda, sang bayi secara alami akan mencari sumber ASI sendiri dan menyusu secara langsung. Proses tersebut yang disebut inisiasi menyusui dini. 

Ketua International Lactation Consultant Association (ILCA), Rebecca Mannel menuturkan bahwa saat baru lahir, bayi memang diprogram untuk menemukan payudara sendiri ketika diletakkan di dada ibunya.

"Pada saat-saat awal setelah lahir, bayi dalam keadaan tenang, waspada, dan siap untuk belajar. Bayi menggunakan kelima inderanya untuk menjelajahi dunia. Mereka menggunakan mata untuk mengingat wajah ibunya, telinga untuk menghubungkan suaranya dengan wajahnya, dan indra penciumannya untuk membimbing mereka dalam menemukan payudara,” ​​jelas Mannel, seperti dilansir dari Medical News Today.

Inisiasi menyusui dini mudah dilakukan namun sayangnya masih banyak dari Bunda yang belum memahaminya. 

Tujuan inisiasi menyusui dini

Tujuan inisiasi menyusui dini bisa membantu merangsang produksi ASI dan memfasilitasi pelepasan oksitosin. Tujuan inisiasi menyusui dini akan melindungi bayi baru lahir dari infeksi dan mengurangi kematian bayi baru lahir.

Kolostrum yang keluar dari ASI saat pertama kali diberikan kepada bayi baru lahir menjadi makanan yang sempurna. Kolostrum harus diperkenalkan dalam satu jam pertama setelah kelahiran. Inilah mengapa pentingnya tujuan inisiasi menyusui dini.

Kolostrum merupakan zat lengket berwarna kuning-putih pada jam pertama meningkatkan kemungkinan bayi akan terus disusui dan menjadi awalan baik dalam memerangi kekurangan gizi. Ada setidaknya 170 juta anak kurus di dunia dan 3 juta di antaranya meninggal setiap tahun. 

Simak manfaat IMD di halaman selanjutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang manfaat skin to skin dengan bayi yang baru lahir.

[Gambas:Video Haibunda]



IMD BISA BANTU LINDUNGI BAYI DARI KEMATIAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!