sign up SIGN UP search


menyusui

Intip Persiapan Menyusui Usai Melahirkan agar Sukses IMD, Bunda Perlu Tahu

Amira Salsabila   |   Haibunda Minggu, 24 Apr 2022 07:10 WIB
Inisiasi Menyusui Dini caption

Jakarta - Bunda sudah bersiap menanti kelahiran Si Kecil? Ada baiknya mempelajari ilmu menyusui nih agar nantinya sukses menyusui saat dilakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD).

Ya, IMD adalah menempatkan bayi yang baru lahir untuk menyusui ASI dalam waktu satu jam setelah kelahiran. Menyusui di awal kelahiran bayi ini bermanfaat merangsang produksi ASI dan memfasilitasi pelepasan oksitosin lho.

Saat Si Kecil lahir, ini adalah waktu yang tepat untuk menjalin ikatan, ini sering disebut sebagai golden hour. Setelah menunggu berbulan-bulan untuk bertemu satu sama lain, Bunda akhirnya bisa menatap satu sama lain.


“Idealnya, kami tidak ingin ada pemisahan antara ibu dan bayi segera setelah lahir,” kata Erin Jeanes, FNP, IBCLC dari Wellstone, dikutip dari laman Seton Harker Heights.

Segera setelah lahir, Si Kecil akan diletakkan di dada Bunda, dikeringkan, dan ditutup dengan selimut hangat. Skin to skin contact ini adalah momen yang indah, memberi Bunda dan Si Kecil waktu untuk bersantai dan mengurangi hormon stres.

Sekitar satu jam pertama dengan Si Kecil dalam skin to skin contact memungkinkan Bunda dan Si Kecil untuk memulai semua refleks alami yang luar biasa, yang memungkinkan mereka juga untuk bergerak sendiri ke arah payudara Bunda dan menyusu sendiri.

Memegang Si Kecil dalam skin to skin contact selama jam pertama ini memungkinkan penundaan pemutusan tali pusat, membantu Si Kecil mengatur dan mempertahankan suhu normal, dan telah terbukti meningkatkan kecepatan serta durasi menyusui.

Banner cara menyimpan daun bawangCara menyimpan daun bawang/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Manfaat untuk Bunda dan Si Kecil

Selama persalinan dan menit serta jam setelahnya, tubuh Bunda mengalami beberapa perubahan yang menakjubkan. Melahirkan menghasilkan perubahan kimia otak wanita yang meningkatkan keinginan untuk mengasuh.

Skin to skin contact dan isapan bayi pada payudara melepaskan hormon. Ini dapat membantu Bunda terhubung dengan Si Kecil yang menyebabkan rahim berkontraksi dan menghentikan pendarahan. Bunda yang melakukan ini juga lebih mungkin untuk menyusui lebih lama.

Bayi yang disusui memiliki tingkat infeksi telinga, asma, diabetes, leukimia masa kanak-kanak, dan sindrom kematian bayi mendadak yang lebih rendah. Bunda yang menyusui memiliki tingkat kanker payudara, kanker ovarium, dan diabetes yang lebih rendah.

Lalu, bagaimana cara mempersiapkan ibu hamil agar Inisiasi Menyusu Dini (IMD) sukses setelah melahirkan? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Simak juga yuk resep untuk membuat ASI booster rumahan yang enak seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMPERSIAPKAN MENYUSUI SELAMA KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!