sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda yang Banyak Makan saat Menyusui Bikin Bayi Cepat Gemuk, Benarkah?

Melly Febrida   |   Haibunda Jumat, 08 Jul 2022 07:05 WIB
wanita sedang makan makanan diet caption
Jakarta -

Apakah Bunda sering merasa lapar saat masa menyusui? Kondisi ini wajar kok dan dialami sebagian besar semua busui. Karena tubuh Bunda memang memerlukan asupan bergizi untuk menghasilkan ASI yang berkualitas untuk Si Kecil?

Lalu, apakah dengan begitu busui perlu makan dengan porsi lebih banyak supaya bayi juga lebih cepat gemuk? Dan, sebenarnya apa sih yang menyebabkan ibu menyusui menjadi cepat sekali lapar? Simak pejelasannya berikut ini yuk Bunda.

Miho Hatanaka, RDN, L.D., ahli gizi terdaftar menjelaskan bahwa ada alasan busui sering kelaparan saat menyusui bayinya. Ini karena ketika memproduksi ASI, tubuh membutuhkan kalori ekstra serta makanan yang kaya nutrisi.


ASI itu mengandung nutrisi bergizi dan senyawa pelindung yang penting untuk perkembangan bayi. Karena itulah ASI dikenal dengan 'cairan emas'. 

"Tidak mengherankan, dibutuhkan banyak energi untuk menghasilkan emas cair ini dan kebutuhan ibu akan banyak nutrisi meningkat untuk memenuhi permintaan ini," kata Hatanaka dikutip dari Healthline.

Hatanaka mengatakan kebutuhan energi busui selama menyusui diperkirakan meningkat sekitar 500 kalori per hari. Kebutuhan nutrisi tertentu, termasuk protein, vitamin D, vitamin A, vitamin E, vitamin C, B12, selenium, dan seng juga ikut naik.

Inilah sebabnya mengapa makan berbagai makanan padat nutrisi dan utuh sangat penting untuk kesehatan Bunda dan bayinya. 

Menurutnya, busui sangat penting untuk memilih makanan yang padat nutrisi dan bergizi untuk mendukung produksi ASI. Memilih makanan yang kaya nutrisi dapat membantu memastikan Bunda dan Si Kecil mendapatkan semua nutrisi makro dan mikro yang dibutuhkan.

Pola makan sehat untuk busui

Selain itu, makan makanan sehat pasca melahirkan dapat membantu busui merasa lebih baik baik secara mental maupun fisik. 

"Jika seluruh menu makan tidak memberikan cukup nutrisi, itu dapat memengaruhi kualitas ASI dan kesehatan ibu sendiri," ujarnya.

Apa busui harus mengikuti diet sehat yang padat nutrisi? Diet sehat ini selain meningkatkan kesehatan, kata Hatanaka, juga sehat sangat penting untuk memastikan bahwa bayi mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk berkembang.

Trik dapatkan ASI bergizi

Penelitian menunjukkan ASI terdiri dari 87 persen air, 3,8 persen lemak, 1,0 persen protein, dan 7 persen karbohidrat, serta menyediakan 60 hingga 75 kkal/100 ml.

Berbeda dengan susu formula, kandungan kalori dan komposisi ASI bervariasi. ASI berubah setiap menyusui dan selama periode menyusui. Ini untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Pada awal menyusui, ASI lebih encer dan biasanya untuk menghilangkan dahaga bayi. Susu yang keluar kemudian (hindmilk) lebih kental, lebih tinggi lemak, dan lebih bergizi.

Menurut sebuah studi pada 2005, ASI mungkin mengandung lemak 2 hingga 3 kali lebih banyak daripada ASI pada awal menyusui, dan 7 hingga 11 kalori lebih banyak per ons.

"Karena itu, untuk mendapatkan ASI yang paling bergizi, ibu sebaiknya mengosongkan satu payudara sebelum beralih ke payudara lainnya," ujar Hatanaka.

Untuk jenis makanan bernutrisi agar bayi cepat gemuk klik halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 penyebab tubuh Bunda semakin gemuk saat menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN BERNUTRISI AGAR BAYI CEPAT GEMUK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!