sign up SIGN UP search


menyusui

Ketahui 5 Penyebab Bayi ASI Sering Kentut dan Cara Mencegahnya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 19 Jun 2022 07:10 WIB
Funny photo of a cute little baby boy laying next to his mom caption
Jakarta -

Saat Si Kecil buang angin atau kentut terus-menerus mungkin membuat Bunda khawatir. Apalagi mereka tampak tidak nyaman dan menjadi rewel. Kondisi sering kentut ini cenderung dialami bayi ASI, Bunda. Yuk, cari tahu mengapa bayi ASI kentut terus.

Mengeluarkan gas pada bayi bisa sangat mengkhawatirkan, terutama jika baunya terlalu menyengat seperti masuk angin. Bunda pun jadi bertanya-tanya apa yang membuat bayi jadi sering kentut padahal minum ASI.

Menurut Dr Florencia Segura, MD, FAAP, dokter anak di Einstein Pediatrics, semua bayi akan menghasilkan gas. Faktanya, manusia - termasuk bayi- menghasilkan gas rata-rata 14 hingga 23 kali sehari, katanya seperti dikutip dari laman Romper.


Dr Florencia menambahkan, hal ini berlaku untuk semua bayi terlepas dari bagaimana mereka diberikan makan. "Tidak ada perbedaan yang jelas dalam produksi gas antara bayi yang diberikan ASI dan susu formula. Bayi di kedua kelompok dapat menghasilkan banyak gas atau sangat sedikit," katanya.

Di luar apa pun alasan yang melatarinya, beberapa alasan mengapa bayi ASI kentut terus memang bisa disebabkan hal berikut ini ya Bunda:

1. Reaksi terhadap diet busui

Beberapa jenis makanan memang cenderung menghasilkan lebih banyak gas. Terkadang makanan yang dimakan ibu bisa menyebabkan bayinya kembung dan membuatnya tidak nyaman. Beberapa penyebab umum ialah hidangan pedas, brokoli, kentang, kacang-kacangan, dan kembang kol.

2. Intoleransi susu sapi

Tidak semua bayi menyukai susu sapi. Beberapa bayi mengalami intoleransi protein susu sapi dan sering mengalami tinja berlendir dan berair, gumoh, dan gas karena ketidakmampuan mereka untuk mencerna protein susu sapi secara efektif.

3. Sering memberi makan

Faktanya, sering menyusu singkat yang kemudian menyebabkan ketidakseimbangan foremilk-hindmilk yaitu ASI yang didapat bayi di awal dan di akhir setiap menyusui dapat menjadi penyebab lain dari perut kembung pada bayi.

4. Pengaitan yang kurang pas

Tongue tie dapat menyebabkan sejumlah masalah terkait gas pada bayi. Jika bayi menyusu tidak benar diasumsikan bahwa mereka menghirup banyak udara selama menyusui yang mengakibatkan kelebihan gas. Jika ini mengkhawatirkan, mintalah dokter anak untuk melihat apakah bayi mengalami masalah lidah atau tidak.

5. Sistem pencernaan

Melansir Immunifyme, alasan lainnya mengapa bayi sering kentut yakni karena sistem pencernaan bayi yang belum matang. Seperti diketahui bahwa otot Si Kecil yang bertanggung jawab untuk pencernaan masih dalam tahap perkembangan.

Jadi, semua protein dan lemak yang didapat dari ASI dan makanan lain butuh waktu dicerna. Akibatnya, bayi mengalami banyak gas di perutnya yang terperangkap dimana menyebabkan mereka kentut.

Ketahui penyebab lainnya di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 penyebab bibir bayi menjadi hitam setelah minum ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENCEGAH PERUT KEMBUNG PADA BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!