sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Memijat Payudara agar ASI Lancar dan Busui pun Terhindar dari Penyakit

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 02 Jul 2022 10:41 WIB
Pijat payudara agar ASI melimpah caption
Jakarta -

Memijat payudara dapat memberikan sensasi rileksasi pada payudara. Selain itu, banyak juga lho manfaat lain yang bisa didapat. Yuk, ketahui cara memijat payudara busui agar terhindar penyakit, Bunda.

Pijat payudara memang diketahui memiliki banyak manfaat seperti halnya merangsang aliran darah dan membantu menyusui lebih lancar.

Manfaat pijat payudara

Bunda, payudara kita mengandung kelenjar yang menghasilkan susu serta jaringan kompleks lobus, pembuluh darah, jaringan lemak dan fibrosa, serta saluran limfatik.


Pijat payudara dalam hal ini dapat membantu menjaga payudara tetap sehat. Serta dapat membantu mendeteksi kanker payudara dengan pijatan sebagai bentuk pemeriksaan diri.

Sering kali, banyak Bunda menyusui mengalami penyumbatan di payudara dan meningkatkan risiko mastitis dan juga risiko lainnya yang membuat Bunda menyusui tidak nyaman.

Dalam kondisi ini, menghentikan sesi menyusui memang sangat tak dianjurkan ya, Bunda. Karena itu, Bunda perlu melakukan tindakan preventif guna mengurangi risiko tersebut seperti dilakukannya pemijatan payudara ya, Bunda.

"Penting bagi Bunda yang menyusui untuk terus menyusui bayinya setelah mengalami penyumbatan saluran susu atau mastitis," ujar Ms Cynthia Pang, Assistant Director of Nursing and Senior Lactation Consultant dari Lactation Clinic, KK Women and Children Hospital (KKH), seperti dikutip dari laman Healthxchange.

Sebagai alternatif, melakukan pijat payudara dapat meminimalisasi risiko tersebut terjadi ya, Bunda. Karenanya, penting bagi ibu menyusui mengetahui bahwa pijat payudara dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dapat terjadi saat ASI menumpuk di payudara. 

Sebuah studi di 2015 misalnya menemukan bahwa 42 peserta menyusui melaporkan adanya pengurangan nyeri payudara dan puting susu setelah pijat payudara dilakukan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara memijat payudara yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMIJAT PAYUDARA BUSUI AGAR TERHINDAR PENYAKIT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!