sign up SIGN UP search


menyusui

4 Pilihan Obat Mencret Ibu Menyusui, dari Alami hingga Medis

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 01 Aug 2022 07:10 WIB
Sakit Perut 4 Pilihan Obat Mencret Ibu Menyusui, dari Alami hingga Medis/Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Mengalami diare saat menyusui memang bikin enggak nyaman ya Bunda. Bubun jadi khawatir banget Si Kecil ikut ketularan mencret. Nah, supaya cepat teratasi, kira-kira apa ya obat mencret ibu menyusui yang bisa diandalkan?

Menyusui dan mengalami diare kerap dialami para ibu baru. Kondisi itu biasanya disebabkan gastroenteritis akut atau penyebab lainnya.

Meskipun ini bukan penyakit serius yang membuat Bunda terpaksa berhenti menyusui, jika busui mengalami diare sebaiknya memang tetap perlu diobati sesegera mungkin sehingga tidak menularkannya pada Si Kecil.


Selain itu, pastikan hidrasi yang tepat untuk menjaga suplai ASI yang cukup dan mencegah dehidrasi akibat diare.

"Diare ringan biasanya diatasi dengan bantuan pengobatan rumahan yang alami. Namun, yang terbaik ialah mencari saran dokter untuk diare yang cenderung parah dan berlangsung lama selama menyusui," ujar Dr Ritika Shah, BDS seperti dikutip dari laman Momjunction.

Obat mencret yang sesuai untuk ibu menyusui

Sedianya, kondisi yang menyebabkan diare memang perlu dievaluasi khususnya saat sudah kronis. Obat OTC dan pengobatan alami mungkin tidak menyembuhkannya.

Ibu menyusui juga dapat mendapatkan perawatan medis jika mereka mengalami gejala lain seperti demam, kedinginan, sakit perut, penurunan berat badan atau dehidrasi.

Diare disertai demam atau darah dalam tinja memerlukan perawatan medis karena disebabkan infeksi bakteri atau parasit. Ibu dengan diare yang berlangsung lebih dari dua hari juga perlu ke dokter. 

Pengobatan atasi diare ibu menyusui

Sementara itu, diare yang tidak parah dapat dikelola dengan pengobatan rumahan, mulai dari yang alami hingga dengan obat medis. Berikut beberapa pilihannya:

1. Produk probiotik

Salah satunya yakni makan produk probiotik yang mengandung mikroorganisme khusus seperti ragi atau bakteri. Lactobacilli merupakan probiotik terkenal yang ditemukan dalam yogurt dan produk susu lainnya.

Probiotik sering direkomendasikan untuk penderita diare ringan. Dipercaya bahwa probiotik dapat mencapai usus dan menekan kuman penyebab diare dan membantu tubuh pulih.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 obat alami diare untuk ibu menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



OBAT MENCRET IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!