sign up SIGN UP search


menyusui

Ini Dia Obat Diare Alami yang Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 23 Jul 2022 11:21 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil caption
Jakarta -

Apakah Bunda saat ini sedang dalam masa menyusui tetapi mengalami diare? Duh, pastinya jadi bingung ya, ingin mengatasi diare dengan minum obat, tapi khawatir dengan efek samping untuk bayi.

Lalu, adakah obat diare untuk ibu menyusui yang aman dan tidak akan terserap masuk ke ASI sehingga tidak membahayakan anak?

Jika Bunda ingin menghindari obat diare untuk ibu menyusui yang tersedia di apotek, dapat mencoba beberapa pengobatan yang dilakukan secara alami seperti di bawah ini.


Banner Cara Tingkatkan Daya Ingat Anak

Obat diare alami untuk ibu menyusui

Setidaknya ada 4 obat diare untuk menyusui dari bahan alami yang mujarab lho bun!

1. Mengubah pola makan

Mengubah pola makan adalah cara yang paling termudah dan juga paling alami untuk dijadikan obat diare untuk ibu menyusui. Dokter pasti akan sering merekomendasikan menu tawar yang populer satu ini terdiri dari buah pisang, nasi (putih), saus apel dan juga roti panggang.

Menu tersebut merupakan makanan hambar yang umumnya mudah ditoleransi secara baik dan mudah dicerna banyak orang yang sedang menderita diare. Jenis makanan ini juga rendah protein dan lemak, yang pasti akan menguntungkan pada sistem pencernaan. Menu tersebut juga rendah dengan serat, yang bisa membantu tubuh memadatkan tinja yang cair.

Pisang sendiri dapat menggantikan banyak potasium, yang dibutuhkan untuk lebih mempertahankan fungsi seluler dan listrik, yang hilang ketika mengalami diare. Lebih baik untuk sementara menghindari nasi merah, karena nasi merah mempunyai kandungan serat yang tinggi.

2. Konsumsi makanan yang kaya dengan probiotik

Ada jenis susu tertentu yang memang baik untuk dijadikan obat diare untuk ibu menyusui yang aman. Bakteri hidup, yang lebih dikenal sebagai probiotik, ditemukan pada yogurt dan kefir (minuman susu fermentasi) yang dapat menggantikan bakteri sehat yang umumnya ditemukan pada saluran pencernaan yang hilang karena sedang terserang diare.

Probiotik ini memiliki kandungan bakteri hidup yang mirip dengan bakteri menguntungkan dan dapat melawan kuman yang ditemukan pada sistem tubuh. Namun yang harus selalu untuk diingat, pastikan kefir maupun yogurt rendah gula, karena makanan yang tinggi gula bisa memperburuk gejala diare.

3. Minum teh chamomile

Teh chamomile merupakan teh yang baik untuk menjadi obat diare untuk ibu menyusui secara alami. Ramuan yang berasal dari Mediterania dianggap dapat membantu meredakan kram dan juga peradangan dengan cara mengendurkan otot dan juga lapisan usus.

Hal ini bisa saja yang membuat chamomile berguna untuk mengobati diare yang ringan sampai sedang, dan merupakan sebuah cara yang baik untuk tetap selalu terhidrasi.

4. Cuka sari apel

Walaupun tidak ada bukti secara medis bahwa cuka sari apel dapat digunakan sebagai obat diare untuk ibu menyusui, beberapa orang mengatakan bahwa cuka sari apel memang dapat membantu menghentikan gejala diare dan menggantikan magnesium beserta kalium. Bunda hanya dianjurkan untuk mengambil 1 sendok makan cuka pada setiap jam sampai diare yang dialami hilang.(PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 obat diare alami untuk ibu menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!