sign up SIGN UP search


menyusui

Pilihan Obat Diare untuk Ibu Menyusui secara Alami, Tak Ganggu Produksi ASI

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 20 Aug 2022 07:10 WIB
Asian woman has diarrhea, She carried toilet paper and touched her stomach. With isolated white background. caption
Jakarta -

Saat asyik menyusui Si Kecil, mungkin Bunda akan menahan diri melakukan berbagai kebutuhan seperti ingin buang air kecil dan air besar.

Tentunya tak mudah ya menahan itu, apalagi saat Si Kecil dengan asyik menyusu. Jika ia ditinggal, mungkin akan menangis dan rewel ya Bunda.  

Nah, bagaimana bila ibu menyusui mengalami diare, serangan diare saat menyusui bisa saja menghampiri. Rasanya berat untuk bolak-balik ke kamar mandi saat bayi dengan menyusu. 


Oleh karena itu, obat diare untuk ibu menyusui pun diperlukan agar Bunda cepat pulih dan proses menyusui tak lagi terganggu.

Diare saat menyusui mungkin sangat tidak nyaman ya, Bunda. Apalagi, tugas menyusui masih terus berlangsung. Padahal, asupan makanan yang dikonsumsi lebih banyak terbuangnya karena bolak balik buang air besar.

Diare pada ibu menyusui

Kondisi diare saat menyusui memang jadi dilema bagi sebagian besar busui. Selain bikin drop imunitas tubuh karena bolak balik buang air besar, diare juga  membuat busui jadi khawatir karena pasokan ASI bisa jadi terganggu dan risiko bayi tertular pun bisa terjadi kapan saja.

Melansir Mom Junction, diare saat menyusui dapat berkembang pada beberapa ibu baru karena kondisi yang mendasarinya seperti gastroenteritis akut atau penyebab lainnya. 

Meskipun ini bukan penyakit serius yang membutuhkan penghentian menyusui, jika mengalami diare saat menyusui, ada dua hal yang bisa segera Bunda lakukan untuk mengatasinya yakni tetap menjaga kebersihan guna mencegah risiko menularkan penyakit apa pun pada bayi. Kemudian, pastikan hidrasi yang tepat untuk menjaga suplai ASI yang cukup serta mencegah dehidrasi akibat diare.

"Diare ringan biasanya teratasi dengan bantuan pengobatan rumahan alami. Namun, yang terbaik ialah mencari saran dokter untuk diare parah yang berlangsung lama saat menyusui,"ujar Dr Ritika Shah, BDS.

Seperti diketahui bahwa diare disertai demam atau tinja berdarah memang memerlukan perawatan medis karena dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau parasit. Ibu dengan diare yang berlangsung lebih dari dua hari juga harus ke dokter.

Cara mengatasi diare pada ibu menyusui

Diare yang tidak parah dapat dikelola dengan pengobatan rumahan seperti berikut ini, Bunda:

  • Tetap terhidrasi

Minum banyak cairan bening untuk menghindari dehidrasi. Diare menyebabkan kehilangan cairan tubuh, dan ibu menyusui lebih mungkin mengalami dehidrasi karena air juga diambil dari tubuh untuk produksi ASI. Usahakan mengonsumsi lebih banyak air daripada hari-hari lain selama diare.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 obat migrain yang aman untuk busui.

[Gambas:Video Haibunda]



OBAT DIARE UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!