sign up SIGN UP search


menyusui

10 Makanan agar ASI Banyak dan Kental untuk Ibu Menyusui

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 02 Sep 2022 07:10 WIB
Ilustrasi ibu menyusui makan makanan bervitamin caption
Jakarta -

Bunda perlu mengonsumsi makanan bernutrisi selama menyusui ya. Beberapa makanan bergizi dipercaya bisa membuat ASI banyak dan kental lho.

ASI kental disebabkan karena kandungannya yang kaya akan lemak. Kandungan ASI ini dikaitkan dengan pertambahan berat badan bayi.

ASI banyak dan kental ternyata bisa dipengaruhi oleh pola makan yang Bunda konsumsi. Ulasan di American Journal of Clinical Nutrition menjelaskan bahwa pola makan selama menyusui bisa berdampak pada kualitas dan tekstur ASI, Bunda.


Banner Rekomendasi Susu Anak

Makanan agar ASI banyak dan kental

Melansir dari berbagai sumber, berikut 10 makanan yang bisa membuat ASI banyak dan kental:

1. Ikan salmon

Ikan salmon adalah salah satu makanan yang dipercaya bisa membuat ASI banyak dan kental, Bunda. Ikan salmon mengandung konsentrasi lemak omega-3 dan DHA, yakni sejenis lemak penting untuk perkembangan sistem saraf bayi.

Selain itu, kandungan kalsium dan protein di salmon juga bisa meningkatkan produksi ASI. Bunda dapat mengonsumsi ikan salmon untuk menambah energi selama menyusui Si Kecil dan meningkatkan kualitas ASI.

2. Makanan agar ASI lancar dan kental: Yoghurt

Yoghurt adalah produk olahan susu sapi yang juga dikenal sebagai makanan pelancar ASI. Menurut ulasan di Pregnancy Study and Research tahun 2017, kandungan di yoghurt yang menjadi pelancar ASI adalah protein dan kalsiumnya.

Selain untuk ASI booster, yoghurt juga baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Kandungan probiotik di yoghurt bisa membantu memproses makanan dengan baik di usus, sehingga pencernaan bisa lancar. Meski aman, Bunda mungkin perlu membatasi asupan yoghurt bila mengalami intoleransi laktosa.

3. Alpukat

Manfaat AlpukatIlustrasi Alpukat/ Foto: iStock

Alpukat bisa menjadi pilihan makanan tinggi lemak yang baik untuk kesehatan. Setidaknya di alpukat mengandung 70 persen lemak total yang terdiri dari lemak tak jenuh. Selain untuk kesehatan jantung, kandungan lemak ini dapat membantu menjaga rasa kenyang.

Alpukat untuk busui

Alpukat dipercaya bisa melancarkan ASI. Beberapa kandungan nutrisi di buah ini adalah vitamin, asam folat, dan kalium.

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9 di buah ini dapat membantu menghasilkan ASI yang kaya nutrisi untuk Si Kecil. Kandungan mineral di buah ini juga dapat membantu tumbuh kembang anak, Bunda.

4. Kacang almond

Selain untuk melancarkan ASI, kacang-kacangan juga bisa menjadi makanan pengental ASI, Bunda. Salah satunya adalah kacang almond.

Kacang almond dikenal sebagai makanan tinggi lemak yang bisa jadi ASI booster. Selain itu, kacang almond juga mengandung nutrisi yang baik untuk Bunda menyusui.

"Almond kaya akan serat, kalsium, vitamin E, riboflavin, dan niasin dibandingkan jenis kacang lainnya," kata ahli diet Jenny Heap, dilansir Live Science.

Susu almond

Bunda bisa mengolah kacang almond menjadi susu siap minum. Susu almond bisa dijadikan ASI booster alami karena mengandung asam lemak omega-3. Kandungan zat ini dapat merangsang hormon menyusui, serta meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI.

Tak hanya itu, omega-3 mengandung DHA yang dibutuhkan busui selama mengASIhi. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), bumil dan busui membutuhkan setidaknya 300 mg per hari DHA.

5. Susu sapi

Bunda dapat mengonsumsi susu sapi selama menyusui nih. Kandungan susu dapat melengkapi kebutuhan gizi ASI.

Sejauh ini memang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa susu sapi bisa meningkatkan produksi ASI secara langsung. Tapi, dengan minum susu sapi, Bunda mendapatkan cairan dan terhidrasi. Selain itu, kandungan nutrisi di susu sapi baik untuk kesehatan busui.

Susu juga bisa menjadi sumber energi agar tubuh enggak gampang lemas. Bunda dapat minum susu secara rutin agar proses mengASIhi buah hati berjalan lancar. Tapi sebaiknya hindari susu sapi bila Bunda mengalami intoleran laktosa ya.

6. Telur

Apa Itu Diet Telur Rebus? Ini 5 Aturan dan FaktanyaIlustrasi Telur/ Foto: Getty Images/iStockphoto/junpinzon

Telur merupakan sumber protein terbaik untuk Bunda menyusui. Telur adalah makanan tinggi lemak yang kaya akan asam lemak omega-3 lho.

Sumber protein hewani ini juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Bunda pun dapat memanfaatkan telur sebagai menu harian dengan berbagai variasi olahan ya.

Ibu menyusui makan telur

Dilansir laman Egg Info, sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Western Australia tahun 2016 menjelaskan bahwa konsumsi telur dikaitkan dengan peningkatan ovalbumin ASI, dan penanda toleransi kekebalan pada bayi. Artinya, telur dapat dikonsumsi sebagai makanan yang bisa meningkatkan kualitas ASI, Bunda.

7. Kedelai

Kedelai merupakan jenis polong-polongan yang dipercaya bisa membuat ASI kental. Kandungan protein di makanan ini bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda lho.

Tak hanya itu, kedelai juga memiliki kandungan vitamin K1, asam folat, mangan, fosfor, zat besi, dan tiamin. Beberapa jenis olahan kedelai yang baik untuk kesehatan adalah tahu, tempe, dan susu kedelai.

8. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan Bunda selama menyusui nih. Sayuran hijau kaya kalsium, serta vitamin A, C, E, dan K.

Busui disarankan mengonsumsi sayuran hijau minimal satu porsi per hari. Selain untuk menjaga kesehatan, makanan ini juga bisa berkontribusi untuk memuat ASI kental.

Jenis sayuran hijau untuk melancarkan ASI

  • Daun katuk
  • Daun kelor
  • Daun torbangun
  • Daun pepaya
  • Bayam

9. Kurma

KurmaIlustrasi Kurma/ Foto: Getty Images/iStockphoto/barmalini

Kurma memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Kurma mengandung protein, vitamin, mineral, dan zat-zat penting yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh.

Kurma juga bermanfaat untuk menambah energi bagi busui. Buah ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas karena mengandung antioksidan.

Manfaat kurma agar ASI lancar

Beberapa ahli percaya bahwa kurma adalah makanan yang dapat dikonsumsi agar ASI lancar. Studi di Journal for Research in Public Health tahun 2020 menjelaskan, air rendaman kurma atau air Nabeez disebut bisa menjadi ASI booster alami. Dalam buah kurma mengandung kalium yang dapat memblokir reseptor dopamin dan kemudian dapat merangsang hormon prolaktin.

"Dengan adanya prolaktin, produksi ASI bisa meningkat. Prolaktin banyak terdapat pada ibu menyusui karena hormon ini penting untuk merangsang kelenjar di payudara untuk memproduksi ASI," kata tim peneliti.

10. FenugreekĀ untuk ASI banyak dan kental

Fenugreek merupakan tanaman herbal yang sejak lama dipercaya sebagai ASI booster. Menurut studi tahun 2017 yang diterbitkan di Phytotherapy Research, ditemukan bahwa produksi ASI dapat meningkat pada wanita yang mengonsumsi fenugreek.

Para peneliti masih tidak begitu yakin bagaimana fenugreek dapat bekerja dalam proses menyusui. Namun, kandungan fitoestrogen di fenugreek diyakini sebagai penyebab produksi ASI meningkat.

Keamanan fenugreek untuk ibu menyusui

Sejauh ini, fenugreek aman dikonsumsi dan tidak memengaruhi bayi yang menyusu. Namun, menurut data LactMed, bahan herbal ini bisa berpotensi menyebabkan keluhan seperti mual, muntah, perut kembung, diare, atau urine yang berbau khas.

Sebelum konsumsi fenugreek, sebaiknya konsultasi dulu ke konsultan laktasi atau dokter laktasi ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 3 manfaat daun kelor untuk busui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!