sign up SIGN UP search


menyusui

5 Obat Sakit Gigi Alami untuk Ibu Menyusui, Coba Pakai Bawang Putih atau Cengkeh Bun

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 10 Sep 2022 07:00 WIB
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. caption
Jakarta -

Perawatan mulut dan gigi saat hamil perlu dilanjutkan sampai menyusui ya, Bunda. Bila tidak dirawat, Bunda bisa mengalami sakit gigi lho.

Sakit gigi saat menyusui bisa memengaruhi proses mengASIhi anak. Bunda menjadi tidak fokus, sehingga tak bisa menyusui dengan maksimal.

Sakit gigi saat menyusui bisa terjadi karena beberapa sebab. Simak penjelasannya berikut ini ya.


Penyebab sakit gigi pada ibu menyusui

Sakit gigi di awal menyusui bisa disebabkan karena kekurangan kalsium. Selama kehamilan, ibu hamil atau bumil umumnya rentan kekurangan kalsium sehingga menyebabkan gigi sensitif dan sakit.

Penyebab sakit gigi lainnya bisa karena konsumsi makanan yang keras, panas, atau asam. Rasa sakit juga dapat timbul karena kebiasaan jarang membersihkan gigi.

Bunda dapat mengobati sakit gigi dengan minum obat. Namun, tidak semua obat aman untuk ibu menyusui atau busui. Menurut dokter anak Vincent Iannelli, MD, saat menyusui, paling baik Bunda memiliki dokter pribadi yang terpercaya. Bila nantinya kita perlu minum obat, dokter bisa memilihkan yang aman untuk ibu dan bayinya.

"Jika dokter Anda mengatakan bahwa obat tersebut tidak aman untuk dikonsumsi saat sedang menyusui, maka mintalah alternatifnya," ujar Iannelli, dikutip dari Very Well Family.

Obat sakit gigi alami untuk ibu menyusui

Selain minum obat, Bunda bisa mengatasi sakit gigi dengan bahan alami lho. Mengutip berbagai sumber, berikut 5 obat sakit gigi alami untuk ibu menyusui:

1. Air garam

Banyak penelitian menemukan, berkumur air garam efektif mengatasi masalah kesehatan yang ringan. Garam juga telah terbukti secara ilmiah dapat memblokir virus dan bakteri, serta mengurangi kemungkinan infeksi di mulut dan tenggorokan.

Air garam juga merupakan disinfektan alami yang dapat menjaga kesehatan mulut, terutama bila ada partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Tips berkumur dengan air garam

  • Bunda cukup mencampurkan 1 sendok makan garam ke dalam 240 ml air hangat.
  • Kumur air garam ini selama beberapa detik dan buang.
  • Lakukan beberapa kali sehari saat Bunda batuk.

2. Kompres dingin

Kompres dingin dapat digunakan untuk menghilangkan sakit gigi secara alami. Cara kerjanya dengan membuat pembuluh darah di area gigi mengerut, Bunda.

Pada kondisi tersebut, rasa sakit bisa berkurang dan tidak menjadi parah. Selain itu, suhu dingin juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Kompres dingin untuk atasi sakit gigi

  • Bunda dapat membungkus es kecil di dalam handuk.
  • Pegang kantong es yang dibungkus itu ke area gigi yang sakit selama 20 menit.
  • Bunda dapat mengulanginya setiap beberapa jam.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga efek samping konsumsi durian berlebihan pada busui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

OBAT SAKIT GIGI ALAMI IBU MENYUSUI: BAWANG PUTIH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!