Sign Up search


menyusui

Amankah Menjalani Perawatan Gigi Saat Menyusui?

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 31 Jan 2020 09:52 WIB
Amankah Menjalani Perawatan Gigi Saat Menyusui? Perawatan gigi ibu menyusui/ Foto: iStock
Jakarta - Sakit gigi tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari ya, Bun. Selain mengganggu mood, bisa memengaruhi fokus Bunda menyusui si kecil.

Bagi sebagian ibu menyusui, gigi yang sakit membuat mereka tidak nyaman untuk tetap menyusui. Ada juga yang takut mengambil tindakan medis karena takut obat-obatan akan merusak kandungan ASI.


Lantas, aman enggak sih, Bun, sebenarnya menjalani perawatan gigi atau sedang mengalami infeksi gigi untuk tetap menyusui?


Melansir Bluehilssdental, perwatan gigi tetap dapat dilakukan, sesuai dengan anjuran dokter. Ada baiknya Bunda berkonsultasi lebih dulu dengan dokter gigi, sebelum menjadwalkan setiap perawatan gigi. Katakan pada dokter bahwa Bunda sedang menyusui.

Jika Bunda memiliki infeksi gigi, gigi abses, rongga atau saluran akar, sesungguhnya masih aman kok, Bun, untuk menyusui si kecil. Tetapi, lagi-lagi Bunda tetap harus mengunjungi dokter gigi karena kondisi tersebut bisa menjadi lebih buruk.

Amankah Menjalani Perawatan Gigi Saat Menyusui?Perawatan gigi ibu menyusui/ Foto: iStock


Mengenai adanya obat yang perlu dikonsumsi selama perawatan gigi, untuk lebih amannya Bunda dapat menanyakan lebih lanjut pada dokter gigi. Sehingga dapat memastikan obat yang aman untuk si kecil.

"Penting untuk mengetahui apakah ada antibiotik yang bisa diberikan kepada Bunda dan tidak memengaruhi bayi Bunda. Tentunya ini sangat penting demi kesehatan terbaik buah hati," ujar Dr. Ruchi Sahota dari American Dental Association, dikutip dari Mouthhealthy.

Pada umumnya, sebagian besar obat yang diberikan untuk perawatan gigi aman untuk dikonsumsi saat menyusui. Namun, beberapa penelitian tidak meyakinkan dalam menentukan apakah sebagian besar obat-obatan lain aman untuk tetap menyusui.


Jadi, pastikan sebelum minum obat apa pun selalu berkonsultasi dengan dokter gigi Bunda terlebih dulu ya, Bun. Semoga membantu!

Ibu menyusui, simak juga yuk lidah putih pada anak dan cara mengatasinya dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi