sign up SIGN UP search


menyusui

Berkat Ratu Elizabeth II, Putri Diana dan Kate Middleton Bisa Bebas Menyusui Anaknya

Siti Masitoh   |   Haibunda Minggu, 25 Sep 2022 11:50 WIB
Kate Middleton caption
Jakarta -

Menyusui adalah sebuah hal luar biasa yang bisa dilakukan seorang ibu untuk anaknya. Sepertinya hal itulah yang membuat Ratu Elizabeth II berani untuk melakukan dobrakan dalam tradisi menyusui di Kerajaan Inggris.

Ratu Elizabeth II baru saja berpulang pada 8 September 2022 lalu di usia ke 96 tahun. Selama memerintah selama 7 dekade, sudah banyak hal yang telah Sang Ratu lakukan. Salah satu yang sangat bermanfaat bagi anak cucunya yakni kebebasan anggota keluarga kerajaan untuk menyusui anak.

Tak seperti sekarang, dahulu Kerajaan Inggris melarang para wanita untuk menyusui bayi. Namun, ratu berani mengubah tradisi itu sehingga Putri Diana, Kate Middleton, hingga Meghan Markle bisa menyusui dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak penerus kerajaan. 


Tradisi menyusui di Kerajaan Inggris 

Untuk itu, Putri Diana, Kate Middleton, dan Meghan Markle bisa disebut beruntung berkat jasa ratu mendobrak tradisi lama tersebut. 

Sejarawan Kerajaan Inggris Amy License mengakui bahwa tradisi menyusui bayi di Kerajaan Inggris adalah fenomena yang relatif baru. Secara historis, dahulu rata-rata wanita di kerajaan menganggap menyusui bukanlah hal terbaik untuk bayi.

Bahkan, menyusui dianggap berbahaya bagi anggota kerajaan sehingga sebagian besar bayi akan diserahkan kepada pengasuh bayi.

Ratu Elizabeth II memilih menyusui anaknya sendiri

Melansir laman Express.co.uk, tradisi itu berubah saat Ratu Elizabeth II menjadi seorang ibu. Ratu kemudian memutuskan untuk menyusui semua bayinya sendiri.

Melansir laman Goodto.com, Sang Ratu melanggar tradisi menyusui kerajaan sehingga membuka jalan bagi Putri Diana dan Kate Middleton untuk mengikutinya. Sisi pemberontak Ratu mengubah sejarah kerajaan sehingga membuka jalan bagi tradisi menyusui baru yang diikuti oleh Putri Diana dan Kate Middleton.

Terobosannya ini sempat hampir terhenti saat dia dipaksa berhenti menyusui Pangeran Charles. Kala itu Ratu sedang dia tertular campak dan walau risiko menularkan virus ke bayi sangat minim, ia mungkin tidak terlalu sehat untuk terus menyusui.

Klik halaman berikutnya untuk tahu alasan kenapa ibu kerajaan tidak menyusui.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips menyusui saat di tempat umum berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



ALASAN WANITA KERAJAAN INGGRIS TIDAK MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!