sign up SIGN UP search


kehamilan

Salah Satu Tanda Tubuh Bunda Masuki Masa Subur: Muncul Rasa Mual

Siti Masitoh   |   Haibunda Rabu, 21 Sep 2022 22:00 WIB
Sick asian woman vomiting into basin in toilet,Nausea,Indigestible Salah Satu Tanda Bunda Masuki Masa Subur: Muncul Rasa Mual/Foto: Getty Images/iStockphoto/Piyapong Thongcharoen
Jakarta -

Bagi Bunda yang tengah menjalani program hamil, mengetahui siklus ovulasi tentu sangat penting karena bisa membantu melihat peluang kehamilan. Ovulasi merupakan masa saat ovarium melepaskan sel telur yang matang untuk pembuahan. Ovulasi ini juga lebih dikenal dengan istilah masa subur.

Ada beberapa metode untuk mengetahui kapan tibanya masa ovulasi. Dr Noviyanti SpOG dari Mayapada Hospital Tangerang mengatakan, kalau siklus menstruasi teratur, hitung mundur dari tanggal menstruasi berikutnya dikurangi 14. Nah, masa subur dimulai dua hari sebelum tanggal tersebut sampai dua hari sesudahnya.

"Misalnya haid berikutnya sudah pasti tanggal 28. Ya sudah, dikurangi saja 14. Jadinya kan tanggal 14. Nah, tanggal 12, 13, 14, 15, dan 16 itu masa suburnya. Kalau haid-nya nggak teratur itu agak susah menghitung masa suburnya. Sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk dihitungkan kapan masa suburnya," tutur dr Novi seperti dilansir detikcom.


Rasa mual saat masa subur

Masa subur setiap wanita memiliki tanda yang berbeda-beda sama seperti menstruasi. Mungkin beberapa dari Bunda pernah merasa sakit dan mual selama ovulasi?  Jika iya, tidak perlu cemas karena salah satu tanda Bunda tengah memasuki masa subur itu muncul rasa mual.

Apakah ovulasi menyebabkan mual?

Menurut dr. Renita White, M.D., FACOG, OB-GYN, merasakan mual saat ovulasi merupakan hal yang memungkinkan. Setiap orang mengalami ovulasi secara berbeda dan meskipun mual bukan gejala yang paling umum dari ovulasi, tapi itu mungkin untuk dirasakan ya Bunda.

“Gejala umum selama ovulasi adalah perubahan lendir serviks, kram ringan atau nyeri perut bagian bawah biasanya di kedua sisi perut bagian bawah, dan kembung dan nyeri payudara,” Dr. Prati Sharma, M.D., FACOG, ahli endokrinologi reproduksi dan asisten profesor di Universitas Toronto.

Ada juga yang idak merasa sakit, tapi mengalami nyeri perut bagian bawah yang ringan dan cukup khas. Masa ovulasi juga bisa memengaruhi perubahan suasana hati, Bunda.

Penyebab mual di masa subur

Ada beberapa alasan berbeda mengapa merasa mual saat masa ovulasi, Bunda. Wanita mengalami perubahan kadar hormon saat sedang menstruasi. Lonjakan tersebut disebut hormon luteinizing, atau LH, 12 hingga 36 jam sebelum ovulasi.

Melansir dari laman Romper.com, hormon tersebut dapat diukur dengan menggunakan alat ovulasi rumahan. Lonjakan cepat dari hormon LH dapat membuat sistem pencernaan rusak, sehingga membuat beberapa orang merasa mual. Bahkan merasakan sakitnya lebih buruk daripada kram saat menstruasi.

"Beberapa wanita merasakan nyeri atau bahkan sensasi nyeri pada saat ovulasi. Secara medis, ini disebut mittelschmerz, atau 'nyeri tengah', yang biasanya merupakan nyeri perut bagian bawah yang berhubungan dengan ovulasi," kata Dr. Alan Copperman , M.D., OB-GYN.

Alasan pasti terjadinya mittelschmerz tidak sepenuhnya diketahui lho Bunda. Namun, diduga berkaitan dengan darah dan cairan yang dilepaskan ketika pertumbuhan folikel pecah dan melepaskan sel telur sebelum ovulasi.

Dr. Renita White, M.D., FACOG, OB-GYN bersertifikat di Georgia Obstetrics and Gynecology mengatakan, hal itu berkorelasi dengan ovulasi tapi tidak diketahui apakah rasa sakit itu disebabkan oleh pelepasan oosit (telur) yang sebenarnya dari ovarium atau apakah terkait dengan pembengkakan ovarium sebelum pelepasan oosit.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 cara menentukan masa subur:

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
TANDA LAIN BUNDA MASUKI MASA SUBUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!