sign up SIGN UP search


menyusui

Payudara Kendur Selama Menyusui, Bisakah Kembali Kencang Usai Menyapih?

Asri Ediyati   |   Haibunda Minggu, 09 Oct 2022 07:10 WIB
Makanan untuk mengencangkan payudara caption

Menyapih dapat dikatakan sebagai momen besar bagi seorang bunda dan anaknya. Bicara tentang menyapih, banyak pertanyaan soal menyapih, satu pertanyaan kerap ditanyakan ibu menyusui adalah akan kah bentuk payudara kembali bagus tidak mengendur usai menyapih?

Deedra Franke, RN, BSN, IBCLC, konsultan laktasi bersertifikat di Mercy Medical Center mengatakan bahwa ketika Bunda selesai menyapih, saluran ASI tidak lagi terisi dengan susu. Ini dapat menyebabkan volume jaringan payudara yang lebih kecil.

Faktor yang memengaruhi perubahan payudara

Terkadang kulit akan mengencang agar sesuai dengan ukuran payudara baru, tetapi terkadang elastisitasnya tidak cukup untuk melakukannya.


Tahukah Bunda, kemampuan tubuh Bunda untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pada payudara Bunda tergantung pada banyak faktor. Ini termasuk:

  • usia
  • genetika
  • penambahan berat badan (dan penurunan)
  • jumlah kehamilan
  • ukuran payudara asli
  • perokok atau bukan perokok

Ukuran payudara bisa susut?

Akan tetapi, tanpa kehamilan dan menyusui, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan perubahan pada payudara.

Saat Bunda mencapai menopause, Franke mengatakan bahwa saat estrogen menurun, menyebabkan pengurangan lemak di payudara dan penurunan ukuran saluran susu. “Tanpa estrogen, kelenjar susu menyusut, membuat ukuran payudara lebih kecil dan kurang penuh, terlepas dari apakah seorang wanita menyusui atau tidak,” katanya, dikutip dari Healthline.

“Pada dasarnya, menyusui tidak 'membuat' payudara wanita menjadi lebih kecil, ini adalah proses alami yang berhubungan dengan penurunan estrogen secara umum seiring bertambahnya usia wanita,” tambah Franke.

Sementara banyak wanita menemukan bahwa payudara mereka berubah kembali ke ukuran dan bentuk sebelum hamil setelah mereka berhenti menyusui, beberapa wanita akan melihat perbedaannya.

Beberapa Bunda mengatakan payudara mereka tetap lebih besar setelah mereka selesai menyusui, sementara yang lain mengatakan mereka menjadi lebih kecil daripada sebelum hamil. Terlepas dari itu, sangat normal untuk tidak melihat perubahan pada payudara Bunda sama sekali setelah menyusui.

Merawat payudara setelah menyusui

Meskipun Bunda mungkin tidak dapat sepenuhnya membalikkan efek hormonal karena kehamilan dan penuaan, ada beberapa langkah yang dapat Bunda lakukan untuk merawat payudara:

1. Kenakan bra yang mendukung

Pilih bra dengan benar yang memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan untuk jaringan payudara selama aktivitas sehari-hari. Bra yang tepat akan membantu mencegah rasa sakit dan 'kendur' saat menyusui dan seterusnya.

Memilih bra yang membuat payudara Bunda sedikit terangkat dan ini akan sangat membantu dalam membentuk payudara setelah menyusui. Pertimbangkan bra yang pas dengan bentuk yang memiliki cup yang dibuat agar sesuai dengan bagian atas payudara Bunda, tetapi juga memberikan dukungan dan dorongan yang Bunda inginkan untuk kenyamanan dan penampilan.

Walau demikian, jangan langsung membeli bra setelah menyapih. Kenapa? Baca di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga cara mengencangkan payudara untuk para ibu menyusui seperti dibahas dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



JANGAN LANGSUNG BELI BRA BARU, CARA RAWAT PAYUDARA USAI MENYAPIH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!