sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Mengencangkan Payudara Secara Instan & Alami, Anti Ribet Bun

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 27 Sep 2021 16:27 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption

Jakarta - Menyusui memang tidak hanya butuh perjuangan tetapi juga pengorbanan ya, Bunda. Termasuk diantaranya risiko payudara mengendur yang di depan mata.

Eits, tapi enggak usah khawatir ya, Bunda, karena ada cara mengencangkan payudara dengan mudah dan efektif, kok. Simak yuk, panduannya.

Urusan payudara mengendur karena menyusui sering sekali jadi momok bagi para pejuang ASI. Dilema pun akhirnya menghantui karena di satu sisi ingin menyusui tetapi di sisi lain para Bunda juga tak ingin asetnya jadi mengendur. 


Hal ini wajar saja terjadi ya, Bunda. Apalagi, frekuensi dan intensitas menyusui sangatlah sering. Alhasil, payudara pun bekerja ekstra setiap harinya. Jika dibarengi dengan perawatan yang mumpuni biasanya hal ini mungkin dapat diminimalisir. 

Misalnya, Bunda menyokong payudara dengan bra yang tepat, melakukan pijat payudara untuk mempertahankan kekencangannya, hingga menggunakan masker payudara agar tetap kencang. 

Beberapa langkah tersebut memang dapat menjadi cara mengencangkan payudara dengan mudah. Tetapi, biasanya banyak Bunda yang enggan melakukannya secara rutin. Apalagi, kelelahan selama proses menyusui sudah sangat menyita energi.

Meski demikian, tidak berarti Bunda membiarkan saja risiko tersebut begitu saja. Sebab, payudara yang mengendur tentu tak akan indah lagi tampilannya. Sehingga, perawatan perlu dilakukan.

"Bra yang tepat dan kuat dapat membantu mencegah payudara kendur setelah 6 bulan menyusui secara eksklusif," ujar Efena Efetie, seorang obgyn di National Hospital, seperti dikutip dari laman Premiumtimesng.

Tips mengencangkan payudaraTips mengencangkan payudara/ Foto: Mia Kurnia Sari

Ditambahkan Efetie bahwa faktor utama payudara mengendur ialah karena kurangnya dukungan dengan bra yang tepat.

"Penggunaan bra yang kuat dan tepat selama menyusui dan setelah menyapih dapat membantu mengencangkan payudara," imbuhnya.

Efetie juga mengatakan bahwa setelah menyusui, memang payudara tidak akan pernah sama seperti sebelum menjadi ibu. Namun, kekencangannya bisa dipertahankan dengan perawatan yang tepat.

Melansir dari laman Drbrahma, berikut ini beberapa cara mengencangkan payudara secara alami dan dijamin efektif ya, Bunda:

1. Masker mentium dan kuning telur

Masker ini bekerja seperti masker ajaib yang mengangkat payudara dan memberinya tampilan sempurna. Sifat pengencang alami mentimun serta kuning telur yang merupakan sumber protein dan vitamin membantu melawan kekenduran payudara. 

Kupas mentimun dan parut. Lalu campurkan dengan kuning telur. Oleskan melingkar di payudara dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan satu atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk mempraktikkan tips mengencangkan payudara lainnya!

Cek juga cara mengencangkan payudara dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



5 CARA MENGENCANGKAN PAYUDARA SECARA INSTAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!