sign up SIGN UP search


menyusui

5 Penyebab Payudara Kendur, Busui Cari Tahu Yuk Cara Mengencangkannya

Dewi Ratna Jumat, 10 Sep 2021 18:50 WIB
Breastfeeding baby. Young mother holding and nursing her newborn child. Woman and new born boy in white bedroom. Light interior. White clothes. caption

Jakarta - Bunda tentu happy dan sangat menikmati momen menyusui Si Kecil. Saat di mana Bunda bisa memberikan yang terbaik untuknya, serta selalu dekat dengannya. Namun ada beberapa yang mungkin khawatir kalau menyusui sebabkan payudara kendur, sehingga bentuk tubuh pun jadi berubah.

Bagi sebagian Bunda, payudara kendur dapat mengurangi rasa percaya diri karena penampilan pun jadi ikut berubah. Tapi, perlu Bunda tahu nih, sebenarnya hal tersebut bukan hanya disebabkan oleh proses menyusui lho. Faktor usia dan juga gaya hidup juga bisa memengaruhi bentuk payudara. Nah, agar Bunda enggak bingung, simak yuk penyebab dan cara mengatasinya!

Faktor Penyebab Payudara Kendur

Sebelum menjawab keresahan itu, ada baiknya Bunda menyusui cari tahu dulu faktor apa saja yang menyebabkan payudara kendur. Melansir dari Mayoclinic, berikut Bubun merangkum beberapa penyebab payudara kendur:


1. Faktor penuaan

Jelas, karena elastisitas kulit berkurang seiring bertambahnya usia, maka itulah yang memengaruhi kendurnya payudara Bunda.

2. Merokok

Sama seperti penuaan, merokok juga menyebabkan elastisitas kulit berkurang. Dengan begitu, maka kemungkinan payudara kendur pun lebih besar.

3. Kelebihan berat badan

Saat Bunda kelebihan berat badan, tubuh yang idealnya hanya dapat menopang berat badan dengan batas tertentu pun dipaksa untuk menopang payudara dan tidak kuat.

Infografis 5 Cara Cegah Payudara Kendur Selama MenyusuiInfografis 5 Cara Cegah Payudara Kendur Selama Menyusui/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

4. Kehilangan berat badan

Kehilangan berat badan dalam jumlah yang signifikan juga bisa jadi penyebab payudara kendur, karena saat badan menyusut drastis, kulit pun ikut mengendur.

5. Memiliki payudara besar

Serupa dengan kelebihan berat badan, punya payudara besar juga membuat tubuh dipaksa menopang, sehingga tak jarang payudara pun tampak turun.

Menyusui Sebabkan Payudara Kendur

Selama masa kehamilan, ligamen yang menopang payudara Bunda mungkin meregang saat isi payudara jadi lebih penuh dan berat. Peregangan ini yang akhirnya menyebabkan payudara kendur setelah kehamilan, baik itu jika Bunda menyusui Si Kecil maupun tidak.

So, sebenarnya bukan menyusui yang menyebabkan payudara kendur, tapi kondisi di mana payudara Bunda yang membesar di masa kehamilan dan menyusui, yang akhirnya menyebabkan kesan kendur setelah proses tersebut berlalu. Bisa dibayangkan, setelah payudara selalu terisi dan mengembang, tiba-tiba tidak memproduksi ASI lagi karena sudah tidak menyusui. Tentu perubahan tersebut berdampak bagi penampilan payudara.

Jangan sampai rasa takut bahwa menyusui sebabkan payudara kendur lantas menyurutkan semangat Bunda untuk memberikan ASI pada Si Kecil. Tak perlu khawatir, karena untuk membantu menjaga penampilan payudara, Bunda hanya perlu mengubah pola hidup jadi lebih sehat dan melakukan beberapa cara mencegah payudara kendur di halaman berikut ini.

Simak juga penyebab ukuran payudara kanan dan kiri berubah dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENCEGAH PAYUDARA KENDUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!