sign up SIGN UP search


menyusui

3 Cara Alami Mengatasi Payudara Kendur Setelah Menyapih Si Kecil

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 19 Jul 2020 16:42 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Payudara mengendur setelah menyusui menjadi momok yang menakutkan banyak Bunda. Coba cara alami untuk mengencangkan payudara agar tetap terlihat indah yuk, Bunda.

Selama kehamilan dan menyusui, payudara memang tumbuh jadi lebih besar. Ini dikarenakan kulit dan otot di sekitar payudara, meregang dan mengendur saat berat badan berfluktuasi.

Tetapi, seiring fase menyusui berakhir, pertumbuhan payudara pun kembali normal. Tak jarang, payudara justru mengendur dan membuat rasa percaya diri  sebagian Bunda menurun.


Memang, faktor usia juga mempengaruhi elastisitas payudara. Laju penuaan pun tak bisa dihentikan begitu saja dan membuat payudara semakin mengendur. Tetapi, ingat ya, Bunda, beberapa kebiasaan sehat dapat membantu payudara tetap kencang.

Brian O'Hea, MD, Kepala operasi payudara dan onkologis di Stony Brook Medicine di New York mengatakan, salah satu cara alami yang tetap menjadikan payudara kencang yakni berolahraga secara rutin.

"Payudara berada di atas otot dada, yang penting untuk kekuatan dan fungsi lengan. Dengan berolahraga dan memiliki otot dada yang sangat kuat dapat membantu mengurangi payudara yang mengendur," ujar O'Hea, dikutip dari Health.

Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia3 Bhan alami atasi payudara kendur/ Foto: iStock

Lebih lanjut, O'Hea mengatakan bahwa dengan olahraga teratur tentunya dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat dan konsisten. Serta dapat mencegah perubahan bentuk payudara, meski berkaitan dengan kenaikan dan penurunan berat badan yang ekstrem.

Melansir dari Premiumtimesng, membiarkan payudara yang semakin mengendur tentu akan semakin membebani diri sendiri. Untuk itu, lakukan beberapa trik berikut agar membantu mengencangkan payudara secara alami setelah menyusui:

1. Minyak zaitun

Minyak alami ini dapat membantu meremajakan dan mengembalikan elastisitas kulit yang kendur. Yang perlu Bunda lakukan adalah memijat payudara dengan minyak ini dalam interval yang teratur di siang hari. Pijatlah selama sekitar 15 menit, untuk meningkatkan aliran darah dan merangsang perbaikan sel dan pastikan melakukannya empat hingga lima kali sehari.

2. Mentimun

Bunda dapat menghaluskan dan mencampurkan mentimun dengan secangkir air bersih, kuning atau putih telur. Ramuan ini sangat baik untuk payudara yang kendur karena sifatnya yang mencerahkan dan menyehatkan. Setelah selesai mencampurnya, dinginkan dan oleskan pada payudara. Diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan air dingin. Hal ini akan membantu mengencangkan otot-otot payudara dengan efektif.

3. Lidah buaya

Oleskan lidah buaya dengan gerakan memutar selama kurang lebih 10 menit. Biarkan selama 10 menit sebelum mencucinya dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, pastikan mencobanya setidaknya lima kali seminggu.

Semoga membantu ya, Bunda.

Bunda, simak juga penjelasan dokter apakah deodorant bisa sebabkan kanker payudara dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi