sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Mengencangkan Payudara Usai Berhenti Menyusui, Bra hingga Pijatan

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 19 Jul 2020 08:11 WIB
Top view of mother with baby boy lying on floor and playing with dumbbells caption
Jakarta -

Banyak ibu menyusui mengeluhkan payudaranya mengendur setelah berhenti menyusui. Duh, jadi enggak percaya diri kan kalau payudara jadi tampak kurang kencang seperti sebelumnya.

Tantangan seperti yang Bunda hadapi memang menjadi hal wajar yang banyak dialami para ibu menyusui. Bunda pun tak perlu terlalu panik menghadapinya.

Menurut Constance M. Chen, MD, seorang ahli bedah plastik di New York, begitu ASI berhenti, payudara akan menyusut. Tetapi, kulit yang terentang mungkin tidak memiliki elastisitas untuk menyusut ke ukuran yang lebih kecil. Melansir dari Parents, payudara pun akan terlihat kendur akibat rasio kulit yang lebih tinggi terhadap jaringan di dalamnya.


Chen juga mencatat bahwa usia dan DNA cenderung menjadi faktor penentu dalam elastisitas kulit payudara.

"Beberapa wanita secara alami memiliki elastisitas kulit lebih dari yang lain. Wanita yang lebih muda cenderung memiliki elastisitas kulit lebih banyak daripada wanita yang lebih tua. Tetapi, pada akhirnya banyak yang tergantung pada genetika,"ujar Chen.

Mengutip dari Parenting First Cry, beberapa cara dapat Bunda lakukan untuk mengencangkan payudara setelah menyusui, di antaranya:

1. Perhatikan suhu air saat mandi

Mandilah bergantian dengan air panas dan dingin. Bunda dapat mandi bergantian dengan mengubah suhu air saat mandi. Ini merupakan teknik sederhana untuk secara bertahap meningkatkan kekuatan dan elastisitas payudara untuk meresap ke dalam kulit. Gunakan teknik bergantian air panas dan dingin secara terus menerus selama mandi, di mana dapat merangsang sirkulasi darah di sekitar payudara. Ini akan membuat payudara tetap segar.

2. Gunakan bra yang tepat dan jaga postur tubuh

Menggunakan bra yang tepat dapat membantu memproteksi kekencangan payudara. Lakukan sejak awal dengan disiplin sehingga payudara kembali mengencang. Kemudian, jaga pula postur tubuh yang baik, entah ketika sedang duduk, berdiri, ataupun membungkuk mengambil sesuatu.

rear view woman showing the muscle4 Cara mengencangkan payudara/ Foto: iStock

3. Pijat payudara

Menyusui dapat memberikan banyak rangsangan pada payudara. Tetapi ketika menyapih dilakukan, hampir tidak ada rangsangan sama sekali. Memijat payudara dapat membantu payudara tetap terangsang dengan baik. Berbagai teknik memijat dapat memastikan payudara Bunda dapat menerima stimulasi dari segala arah. Pijatan menyebabkan sirkulasi darah merevitalisasi dan mendukung jaringan payudara dalam perbaikan dan pertumbuhan kembali.

4. Diet yang tepat

Memasukkan makanan dalam diet akan meningkatkan kekuatan otot dan membuat kulit kenyal serta memerangi kulit elastis dengan mengencangkannya. Masukkan makanan yang kaya vitamin B dan vitamin E karena dapat meningkatkan warna kulit. Selain itu, kurangi konsumsi bahan makanan hewani yang kaya lemak yang dapat menambah berat payudara tetapi mengurangi kekenyalannya.

Semoga membantu ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk penjelasan mengenai perbedaan ukuran payudara kanan dan kiri dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi