sign up SIGN UP search


menyusui

4 Jenis Tes Kesehatan Payudara dan Kisaran Biayanya, Simak Bun

Tim Haibunda   |   Haibunda Sabtu, 08 Oct 2022 18:40 WIB
Ilustrasi payudara caption
Jakarta -

Tahukah Bunda, bahwa kanker payudara kini sudah menempati urutan pertama kanker tertinggi di Indonesia. Sayangnya, kanker payudara seringkali tidak disadari kemunculannya.

Oleh karena itu, penyakit yang banyak menyerang wanita ini perlu disadari sejak dini supaya bisa diberikan penanganan terbaik.

Untuk bisa mengetahuinya, Bunda harus rutin melakukan pemeriksaan kesehatan payudara. Ada dua cara untuk mendeteksi kondisi kesehatan payudara seseorang, yaitu dengan deteksi mandiri (SADARI) dan deteksi medis dengan melakukan serangkaian tes kesehatan di laboratorium.


Deteksi mandiri bisa dilakukan rutin setiap bulannya. Mommies bisa melihat step-by-step caranya di sini! Sedangkan untuk tes kesehatan medis bisa dilakukan dengan dokter.

Ternyata ada beberapa tes kesehatan yang bisa dilakukan untuk memeriksa kondisi payudara. Tentu saja cara ini juga bisa membantu menemukan jika ada masalah atau perubahan yang terjadi di area payudara.

Tes kesehatan payudara

Ini dia jenis tes kesehatan payudara yang perlu dilakukan oleh semua perempuan untuk menghindari dan mendeteksi dini kanker payudara!

1. Mammografi

Mammografi adalah pemeriksaan payudara dengan menggunakan sinar-x dosis rendah, biasanya hasil dilihat dalam bentuk digital. Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, mammogram tahunan (mammogram skrining) telah terbukti secara signifikan mengurangi jumlah kematian wanita usia 40 dan lebih tua karena kanker payudara.

Biaya tes mammografi: Mulai dari Rp1,75 juta

2. USG Payudara

USG Payudara atau breast ultrasound adalah tes kesehatan payudara dengan menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar jaringan payudara. USG payudara sering digunakan untuk menilai kelainan yang ditemukan selama mamografi atau pemeriksaan payudara klinis.

Biaya tes USG payudara: Muldai dari Rp350 ribu

3. MRI Payudara

MRI payudara adalah tes kesehatan yang menggunakan gelombang radio dan magnet yang kuat, yang dihubungkan ke komputer untuk membuat gambar detail payudara yang diperiksa. Selama prosesnya, ada ada cairan yang disuntikkan untuk meningkatkan visibilitas bagian dalam payudara. Untuk perempuan yang punya risiko besar terserang kanker payudara, tes ini bisa dibarengin dengan tes mammografi yang teratur untuk hasil maksimal.

Biaya MRI payudara: Mulai dari Rp750 ribu

4. Biopsi

Biopsi merupakan tes dengan cara mengambil sampel jaringan dari payudara yang kemudian diperiksa dan diuji di laboratorium untuk melihat adanya sel kanker. Biasanya prosedur ini dilakukan untuk melihat apakah sebuah tumor yang ditemukan termasuk kategori jinak atau ganas.

Biaya biopsi payudara: Mulai dari Rp6 juta

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo BankĀ di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 tanda gejala awal kanker payudara pada ibu menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!