sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Bedakan Benjolan Payudara Akibat Masalah Menyusui dan Kanker

Erni Meilina Selasa, 12 Jan 2021 14:52 WIB
Tired mother holding her newborn child at home after tying to pump. caption

Jakarta – Ada banyak kekhawatiran yang Bunda rasakan ketika sedang menyusui si kecil. Entah khawatir dengan si kecil atau diri Bunda sendiri, termasuk mengalami kanker payudara saat masih menyusui anaknya.

Bagi seorang wanita, tentunya akan khawatir jika ada perubahan fisik yang terjadi pada bagian tubuhnya. Misalnya, jika mendapati adanya benjolan di area tubuh. Banyak yang khawatir kalau benjolan tersebut adalah bentuk dari adanya kanker. 

Salah satu kanker yang paling banyak diidap wanita selain kanker serviks adalah kanker payudara. Wanita yang mengetahui bahwa mereka mengidap kanker payudara cenderung memiliki kekhawatiran tentang keamanan menyusui dan mungkin akan bertanya-tanya apakah pengobatan kanker payudara  dapat memengaruhi keadaan sang buah hati. Terlebih si kecil masing dalam fase menyusui.


Tapi, apakah Bunda bisa terkena kanker payudara saat menyusui? Faktanya, memang ada kemungkinan untuk mengembangkan kanker payudara saat fase menyusui sang buah hati. Tapi, hal ini justru jarang terjadi, Bunda. Wanita yang menyusui hanya mencapai 3 persen terkena kanker payudara dari kasus kanker payudara yang ada.

Dikutip dari Medical News Today, menurut National Cancer Institute, beberapa penelitian menunjukkan bahwa risiko kanker payudara sementara lebih tinggi pada tahun-tahun setelah kehamilan dan persalinan. Peningkatan risiko ini mungkin disebabkan oleh perubahan hormonal selama kehamilan.

Secara keseluruhan, ternyata menyusui dapat menurunkan risiko kanker payudara, terutama pada wanita pra-menopause, Bunda. Pada saat mengandung dan menyusui, tubuh akan mengurangi jumlah siklus menstruasi yang dialami seorang wanita.

Hal ini akan meminimalisir Bunda terpapar hormon yang dapat meningkatkan risiko kanker tertentu. Meskipun risikonya rendah, Bunda tetap harus berkonsultasi dengan dokter jika Bunda memiliki kekhawatiran tentang kesehatan payudara.

Ibu yang sedang menyusui berisiko terhadap kanker payudara, karena dokter mungkin tidak berpikir untuk memeriksa lebih lanjut benjolan di payudara ibu menyusui. Terkadang masalah menyusui memang dianggap mirip dengan gejala kanker. Bahkann, mammogram dan USG payudara cenderung memberikan hasil yang  tidak meyakinkan selama menyusui.

Konsultan laktasi bersertifkat Philippa Pearson-Glase dari IBCLC menjelaskan, benjolan yang ada di payudara bisa sangat umum terjadi saat menyusui, terutama benjolan yang keluar dan masuk. Penyebab benjolan yang lebih persisten termasuk pembengkakan, saluran tersumbat, dan mastitis. 

Untuk informasi lebih lanjut, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga video cara mencegah mastitis:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner dr.Tirta vs Melly GoeslawFoto: Mia Kurnia Sari



(rap/rap)
Faktor-faktor Penyebab Payudara Memiliki Benjolan Saat Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi