sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Lakukan Eping bila Busui Harus Bepergian Tanpa Si Kecil

Siti Masitoh   |   Haibunda Senin, 14 Nov 2022 07:10 WIB
Pompa ASI 5 Tips Lakukan Eping bila Busui Harus Bepergian Tanpa Si Kecil/Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Exclusive pumping atau Eping adalah metode memompa ASI secara eksklusif dan tidak menyusui si Kecil secara langsung. Metode ini dilakukan apabila ada Bunda yang tidak bisa menyusui bayi secara langsung lewat payudara atau direct breastfeeding (DBF) karena kondisi tertentu.

Untuk menyukseskan Eping, Bunda memang perlu konsisten dan rajin untuk memompa ASI. Namun, bagaimana bila suatu waktu busui harus melakukan perjalanan jauh? Bagi sebagian busui yang melakukan Eping mungkin melakukan perjalanan akan membuat stres karena khawatir akan mengganggu jadwal pumping dan suplai ASIP. 

Tips lakukan Eping bila busui bepergian

Saat Bunda berpergian dari satu tempat ke tempat lain, cara terbaik untuk menyimpan ASI adalah dengan memasukannya ke wadah tertutup yang disimpan dalam pendingin kecil berinsulasi dengan kantong es beku.


Entah Bunda melakukan perjalanan dengan Si Kecil atau tidak, sebaiknya beritahu petugas bandara sebelum melewati keamanan bahwa Bunda akan berpergian dengan ASI atau paket es beku maupun gel.

Bolehkah membawa pompa ASI ke pesawat?

Jawabannya boleh karena ini dianggap sebagai barang pribadi dan bisa dibawa seperti laptop atau dompet di sebagian besar maskapai penerbangan. Sedangkan beberapa maskapai penerbangan menganggap pompa payudara sebagai perangkat medis dan tidak menghitung sebagian total barang bawaan Bunda.

Jika Bunda terbang bersama Si Kecil dan perlu menyusui selama penerbangan, itu boleh dilakukan karena tidak ada aturan atau larangan tentang menyusui di tempat duduk. Konselor Laktasi dari Brawijaya Clinic Kemang dan Kosambi Maternity and Children, dr. Sarah Audia Hasna mengatakan bahwa Bunda bisa menyusui dengan baik saat di dalam pesawat.

"Menyusui di pesawat pada prinsipnya itu comforting. Jadi bisa membantu bayi merasa mendapatkan kenyamanan saat dia merasa kondisinya terancam, di lingkungan yang baru atau sedang sakit. Intinya itu comforting," kata Sarah saat dihubungi HaiBunda.

Bunda mungkin akan memilih menggantungkan penutup menyusui atau syal di dada agar tidak terlihat atau bisa juga memberitahu orang di samping bahwa Bunda akan menyusui. Jika penumpang lain mengeluh tentang Bunda yang menyusui, beritahu pramugari untuk membantu mengakomodasi atau menempatkan kembali penumpang lain karena sebagian besar pramugari akan mengambil langkah ekstra untuk memastikan Bunda merasa nyaman.

Klik halaman berikutnya untuk tahu tips yang bisa dilakukan Bunda selama perjalanan.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang trik jitu pumping agar ASI melimpah.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS AGAR PERJALANAN BUNDA MENYUSUI LEBIH MUDAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!