sign up SIGN UP search

menyusui

Ingin Mencoba Relaktasi? Ini Waktu yang Dibutuhkan agar ASI Lancar Kembali

Jessica Elisabeth Gunawan   |   Haibunda Senin, 19 Sep 2022 07:10 WIB
Ibu Menyusui caption
Jakarta -

Setelah Si Kecil lahir, umumnya Bunda memberikan ASI sebagai asupan utama Si Kecil. Namun, perjalanan menyusui tiap ibu berbeda-beda. Ada yang ASI nya berlimpah, ada juga Bunda yang kesulitan produksi ASI. 

Bunda mungkin pernah berhenti memberikan ASI untuk Si Kecil karena alasan medis atau sedang masa pemulihan pasca melahirkan. Bunda yang sudah tidak produksi ASI dalam jangka waktu lama ternyata bisa kembali memproduksi ASI lagi, lho.

Faktanya, wanita bisa mendapatkan kesempatan kedua untuk laktasi atau bahkan memproduksi ASI tanpa melahirkan.


Apa itu metode relaktasi dan berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Melansir romper, metode relaktasi adalah ketika seseorang melatih tubuh untuk mulai memproduksi ASI lagi setelah beberapa lama vakum menyusui atau pumping. CDC mendefinisikan relaktasi sebagai proses saat seorang ibu kembali laktasi setelah berhenti untuk beberapa waktu (berminggu-minggu atau berbulan-bulan).

Umumnya, metode relaktasi bekerja dengan baik jika Bunda baru-baru ini melahirkan kurang dari tiga bulan atau Bunda berhenti menyusui Si Kecil dalam jangka waktu pendek. Akan tetapi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kembali menyusui berbeda-beda bagi setiap ibu, ya.

“Seberapa lama waktu yang dibutuhkan seorang ibu untuk relaktasi tergantung dengan sudah seberapa lama sejak mereka terakhir menyusui dan seberapa sering dan efektif mereka mengeluarkan susu dari payudara,” jelas perawat International Board-Certified Lactation Consultant (IBCLC) dan founder dari Milky Mama Krystal Nicole Duhaney dikutip dari romper.

Faktor lain yang memengaruhi seberapa cepat relaktasi ini berhasil adalah seberapa banyak suplai ASI yang Bunda miliki dan sudah berapa kali Bunda menyusui sebelumnya. 

“Kebanyakan ibu yang melakukan relaktasi akan mulai melihat hasilnya paling cepat beberapa hari hingga beberapa minggu. Namun, untuk beberapa ibu bahkan bisa memakan waktu berbulan-bulan,” ungkap konsultan laktasi dari International Board-Certified Lactation Consultant (IBCLC) yang tergabung dengan The Lactation Network Chrisie Rosenthal.

Alasan seorang ibu ingin melakukan relaktasi pun bermacam-macam. Bunda yang telah menyapih mungkin sadar bahwa Bunda dan Si Kecil ternyata belum siap untuk berhenti. Rosenthal pun menambahkan beberapa alasan seorang ibu melanjutkan laktasi adalah sebagai berikut.

  1. Berhenti menyusui karena alasan medis seperti kemoterapi
  2. Mengadopsi seorang bayi tidak lama setelah melahirkan
  3. Ingin memperbanyak pasokan ASI untuk menyusui atau didonasikan ke keluarga atau kerabat.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang ragam penyebab ASI seret menurut dokter laktasi.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS AGAR METODE RELAKTASI BERHASIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!