sign up SIGN UP search


menyusui

Menghitung Kebutuhan ASI Perah Bayi sesuai Usianya

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 25 Nov 2022 07:13 WIB
ASI perah Menghitung Kebutuhan ASI Perah Bayi sesuai Usianya/ Foto: Getty Images/iStockphoto/MonthiraYodtiwong
Jakarta -

Menghitung kebutuhan ASI untuk Si Kecil sangatlah penting. Terutama bagi Bunda bekerja yang memutuskan untuk memberikan ASI perah.

Menurut Konselor Laktasi, dr. Sarah Audia Hasna IBCLC, ibu menyusui atau busui yang memutuskan bekerja perlu memulai menajemen ASI selama cuti melahirkan. Ini termasuk memahami cara menyusui langsung (direct breastfeeding) hingga melatih bayi minum ASI perah.

"Direct breastfeeding, siapkan peralatan tempur memerah ASI, belajar memerah, konsultasi laktasi, dan hindari penggunaan dot," kata dokter Sarah, dalam jurnal Manajemen ASI Perah pada Ibu Bekerja yang diterima HaiBunda, beberapa waktu lalu.


Manajemen ASI perah yang tepat

Sarah mengatakan, manajemen pemberian ASI perah harus dilakukan dengan tepat. Ada waktu-waktu yang perlu diperhatikan saat memberikan ASI perah, terutama saat Bunda sudah meninggalkan bayi.

Selain itu, Bunda juga tetap perlu rutin memerah ASI di tempat kerja. Bukan hanya untuk menjaga stok ASI, memerah juga dapat meningkatkan produksinya.

Dalam Kuliah WhatsApp (Kulwap) HaiBunda: Manajemen Penyimpanan ASI Perah untuk Ibu Bekerja beberapa waktu lalu, Sarah menyarankan ibu bekerja untuk pumping di tempat kerja per 3 jam. Kalau produksi ASI sangat menurun, Bunda sebaiknya segera konsultasi ke konsultan laktasi. Biasanya, Bunda disarankan untuk memerah per 2 jam untuk menaikkan produksi ASI.

"Jadi kuncinya, konsisten pumping, minum ASI booster, cari oksitosin sendiri yang bikin Bunda happy. Jangan lupa, malam hari sebelum tidur juga pumping. Kalau perlu power pumping untuk menggantikan saat bayi sedang growth spurt atau minum lebih banyak dari biasanya," ujarnya.

Bagi anak yang masih full ASI, Bunda perlu memahami pemberian ASI perah yang benar. Ini juga termasuk banyaknya ASI perah yang diberikan ke bayi sesuai usianya.

Bunda enggak boleh memberikan ASI perah pada bayi sesukanya ya. Ada cara untuk menghitung kebutuhan ASI perah ini pada bayi sesuai usia. Bunda perlu memahaminya bila memutuskan untuk memberikan ASI perah.

Lalu bagaimana cara menghitungnya? Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 3 trik pumping agar ASI perah berlimpah, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN ASIP BAYI SESUAI USIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!