sign up SIGN UP search


menyusui

Kisah Bunda Berhasil Menyusui Kembali Setelah Anaknya Diberi Full Susu Formula

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 08:16 WIB
Menyusui Kisah Bunda Berhasil Menyusui Kembali Anaknya Setelah Diberi Sufor/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Aliseenko
Jakarta -

Tidak semua Bunda lancar mengASIhi buah hatinya usai melahirkan. Ada Bunda yang tidak bisa menyusui langsung karena ASI-ya sedikit keluar.

Cerita serupa juga dialami Bunda dari bayi bernama Jesslyn. Bunda ini terpaksa memberi susu formula ke sang putri karena produksi ASI-nya sedikit.

Belum lama ini, Ibunda Jesslyn membagikan perjuangannya menyusui sang buah hati. Setelah melalui drama, ia akhirnya berhasil menyusui langsung baby Jesslyn atau beralih dari susu formula ke direct breastfeeding (DBF).


"Mau cerita perjuangan mengASIhi dari full sufor ke full ASI," tulisnya, dikutip dari Instagram @jesslynvalenciagun.

"Awal2 pompa cuma dapat 30-40 ml, terpaksa harus kasih sufor. Berlangsung selama 2 bulan, padahal sdh minum ASI booster (baik lokal atau impor)," sambungnya.

Drama menyusui baby Jesslyn

Setelah membuatkan tekad untuk menyusui putrinya, Bunda ini akhirnya berhasil DBF. Pencapaian ini tak mudah didapatkannya.

Drama mengASIhi dimulai ketika Jesslyn sulit beralih dari botol ke puting ibunya. Baby Jesslyn juga kerap bangun setiap jam 1 pagi karena lapar. Meski begitu, Bunda Jesslyn tetap sabar dan bertekad untuk berhasil menyusui anaknya.

"Kuncinya adalah tekad dan sabar. Di bulan ke-3, saya bertekad untuk full ASI dengan dbf. Dimulai dengan drama karena anak sdh biasa pakai botol. Sempet bangun tiap 1 jam sekali karena lapar. Akhirnya bisa sukses mangASIhi sampai sekarang," ungkapnya.

Di unggahan lainnya, Bunda Jesslyn juga bercerita tentang triknya berhasil menyusui kembali putrinya. Ia ternyata tidak langsung melakukan DBF pada sang buah hati, Bunda.

"Di bulan 2.5 saya memutuskan untuk berjuang full ASI. Itu saya lakukan dengan direct breastfeeding atau dbf, karena sesungguhnya isapan bayi lebih bagus dari pompa ASI manapun," ujarnya.

"Pada saat full dbf, di masa transisi, saya masih campurkan dengan botol. Tetapi lama lama botol nya saya kurangi, sampai akhirnya bisa full dbf dan full ASI."

Mengubah kebiasaan menyusu dari botol ke puting memang bukan perkara mudah. Lalu apa yang harus dilakukan Bunda bila ingin berhasil seperti Ibunda Jesslyn.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 6 jenis buah yang bisa menjadi ASI booster, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TRIK MENYUSUI LANGSUNG USAI MEMBERI ANAK SUFOR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!