sign up SIGN UP search


menyusui

Kenali Tanda ASI Masuk Paru-paru Bayi, Cegah dengan Posisi Menyusui yang Tepat

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 21 Nov 2022 10:50 WIB
Ilustrasi ibu menyusui atau menggendong bayi Kenali Tanda ASI Masuk Paru-paru Bayi, Cegah dengan Posisi Menyusui yang Tepat /Foto: Getty Images/iStockphoto/damircudic
Jakarta -

Tanda ASI masuk paru-paru bayi dan cara mengatasinya penting diketahui para ibu menyusui. Apalagi, risiko ini berpotensi dialami bayi saat menyusu.

Menyusui bayi memang mendatangkan banyak tantangan ya, Bunda. Tidak saja permasalahan menyusui dengan baik serta permasalahan pasokan ASI dan warna warni lainnya, tetapi juga risiko pada bayi yang mengalami ASI masuk paru-paru mereka.

Kejadian tersebut mungkin kerap lalai dari perhatian para ibu. Tetapi, biasanya tanda ASI masuk paru-paru bayi yang muncul dapat menjadi sinyal bagi ibu untuk mengetahui hal tersebut.


Tanda ASI masuk paru-paru bayi 

Perilaku bayi yang kerap menyusu tergesa-gesa sambil menangis dan sebagainya menyebabkan gas masuk ke saluran cerna mereka. Gas tersebut kemudian mendorong kembali sebagian ASI yang keluar. Cairan yang keluar ini mungkin tidaklah berbahaya tetapi perlu diwaspadai bahwa cairan tersebut bisa berpotensi masuk ke paru. Kondisi tersebut biasa disebut aspirasi (tersedak).

Aspirasi (tersedak) merupakan kondisi saat sesuatu memasuki saluran napas atau paru-paru secara tidak disengaja. Bisa berupa makanan, cairan, atau bahan lainnya. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti pneumonia. 

Oh ya, Bunda, aspirasi (tersedak) sendiri dapat terjadi selama menyusui atau makan. Dan, ini bisa terjadi setelah makan atau saat makan. Biasanya, kondisi tersebut terjadi pada bayi dan anak-anak dengan kondisi kesehatan tertentu. Dan, aspirasi (tersedak) juga dapat terjadi kapan saja ketika anak menelan air liur.

Jika anak menyedot sejumlah kecil bahan, itu mungkin tidak menyebabkan banyak bahaya. Hal ini dapat terjadi pada anak yang tidak memiliki masalah kesehatan. Dan, itu dapat terjadi saat makan, tidur, atau berbicara. Namun, aspirasi (tersedak) yang sering terjadi atau dalam jumlah banyak bisa berakibat serius, seperti dikutip dari laman Healthlibrary.

Tanda bayi mengalami aspirasi (tersedak) pada bayi dan anak-anak biasanya dimunculkan dengan beberapa gejala ya, Bunda, seperti:

  • Mengisap lemah
  • Tersedak
  • Batuk saat menyusui
  • Adanya masalah makan
  • Wajah merah
  • Mata berair
  • Wajah meringis.

Selain itu, ada beberapa tanda lainnya yang muncul bila ASI masuk paru-paru:

  • Pernapasan lebih cepat saat menyusui
  • Suara atau napas yang terdengar basah setelah makan
  • Demam ringan setelah menyusui
  • Mengi dan masalah pernapasan lainnya
  • Infeksi paru-paru atau saluran napas berulang.

Bayi mungkin tidak memiliki semua tanda dan gejala di atas. Karena, tanda dan gejala mungkin tergantung pada usia anak ya, Bunda, serta seberapa sering serta seberapa banyak anak mengalami aspirasi (tersedak). Bahkan, beberapa anak yang mengalami hal ini tidak memiliki gejala apa pun yang disebut silent aspiration.

Untuk itu, sebaiknya setiap gejala dan tanda yang muncul perlu diwaspadai dan segera tanyakan pada dokter mengenai hal tersebut untuk diobservasi lebih lanjut ya, Bunda.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara mengatasi bayi muntah ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATASI ASI YANG MASUK PARU-PARU BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!