sign up SIGN UP search

menyusui

Berburu Skincare untuk Ibu Hamil & Menyusui, Pilih yang Aman ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 05 Dec 2022 15:22 WIB
Beautiful and cheerful Asian woman standing in her bathroom, holding face cream and applying it to her cheeks and face. caption
Jakarta -

Berburu skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui penting sekali dilakukan ya, Bunda. Selain tetap  menjaga kesehatan kulit tentunya Bunda tetap  melindungi kesehatan Si Kecil yang masih menyusu.

Saat memulai perjalanan menyusui, Bunda mungkin ingin mengetahui apakah diperbolehkan menggunakan skincare ataupun tidak. Ya, sebenarnya memang ada beberapa fakta dasar yang perlu diketahui tentang bagaimana produk perawatan kulit dapat mempengaruhi proses menyusui. 

Skincare yang aman untuk ibu hamil & menyusui 

Seperti diketahui, ada bebepra formula yang kemungkinan besar aman digunakan saat menyusui dan ada juga yang sebaiknya dihindari ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Very Well Family.


Kehamilan dan pascapersalinan sendiri memang dapat menimbulkan beberapa efek yang sangat mendalam pada tubuh, termasuk juga kulit, kata Amelia Damse, DO, MPH, seorang dokter kulit.

"Karena perubahan hormonal selama periode ini, bintik dan noda baru bisa muncul seperti stretch mark, pembuluh darah melebar, dan melasma. Beberapa ibu juga mengalami kekeringan kulit dan lainnya melihat timbulnya jerawat baru," ujarnya.

Beberapa kondisi kulit mungkin perlu mendapatkan perhatian ekstra ya, Bunda, seperti stretch mark dan bintik atau bercak hitam yang disebabkan kehamilan dan biasanya memudar dalam beberapa bulan.

Namun kondisi tertentu, seperti jerawat pasca persalinan dan kulit kering, mungkin dapat disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi selama menyusui. Sehingga perlu kesabaran dalam menghadapi kondisi tersebut.

Kemunculan berbagai kondisi tersebut biasanya dikarenakan kadar estrogen yang lebih rendah saat menyusui berkontribusi pada kurangnya kelembapan kulit. 

Dalam hal perawatan kulit selama menyusui, memang ada beberapa kabar baik. Cara pembuatan ASI sebenarnya dengan menarik nutrisi dari aliran darah. Jadi, kecuali produk perawatan kulit berhasil masuk aliran darah, hal ini tidak akan memengaruhi ASI.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 kandungan skincare yang aman dan tak aman untuk ibu menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



BAHAN DAN PRODUK SKINCARE YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL & MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!