menyusui

6 Skin Care Aman untuk Ibu Menyusui

Annisa Karnesyia Selasa, 15 Oct 2019 12:01 WIB
6 Skin Care Aman untuk Ibu Menyusui
Jakarta - Perubahan hormon selama hamil nyatanya tetap berdampak pada ibu setelah melahirkan. Salah satunya perubahan kulit yang membuat Bunda tidak nyaman.

Tentu kita ingin segera mengatasinya dengan menggunakan skin care. Namun, enggak sedikit Bunda takut berpengaruh pada kualitas air susu ibu (ASI) yang ujung-ujungnya buruk untuk kesehatan si kecil.

Kata dokter spesialis kulit Dr.Fiona Rahbar, sebenarnya banyak kok produk skin care yang aman untuk ibu baru yang sedang menyusui. Paling penting mencari produk yang tidak memberikan pengaruh buruk pada pori-pori kulit.


"Disarankan untuk menggunakan pembersih yang lembut yang tidak mengandung bahan komedogenik (yang bisa menyebabkan jerawat)," kata Rahbar, dikutip dari Mom.

Namun, Dokter kulit dari Union Square Laser Dermatology, Dr.Jennifer MacGregor, menyarankan agar ibu menyusui berkonsultasi dulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan skin care. Konsultasi baiknya justru dilakukan sebelum hamil.

"Sebelum hamil, saat hamil, bahkan setelah melahirkan, baiknya konsultasi ke dokter terkait keamanan produk skin care yang akan digunakan," ujar MacGregor dilansir New York Media, The Strategist.

Nah, berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, 6 jenis bahan skin care yang bisa Bunda gunakan saat menyusui. Bisa Bunda coba ya.

1. Vitamin C

Selama hamil, banyak perempuan mengalami melasma. Melasma disebabkan hiperpigmentasi akibat perubahan hormon di tubuh.

Pada beberapa wanita, melasma bisa hilang dengan sendirinya. Tapi, tak jarang sulit hilang bahkan setelah melahirkan.

Menggunakan skincare berbahan dasar vitamin C dapat mengatasi masalah ini, Bun. Selain itu, vitamin C dapat menghindarkan Bunda dari pengaruh buruk radikal bebas.

Vitamin C bisa didapatkan di produk pencuci muka, cleansing oil, krim siang atau malam, dan masker muka. Namun, krim vitamin C yang paling dianjurkan, Bun.

Ibu menyusuiIbu menyusui/ Foto: iStock

2. Moisturizer

Ibu menyusui sering memiliki kulit kering. Jika tidak diatasi, bisa berisiko infeksi.

Cara paling mudah mengatasinya adalah menggunakan moisturizer di malam hari. Sebaiknya, hindari penggunaan moisturizer atau pembersih yang mengandung alkohol.

3. Zinc Oxide

Bahan Zinc Oxide bisa Bunda temukan dalam sunscreen atau body lotion. Kandungan Zinc Oxide termasuk aman digunakan ibu hamil dan menyusui. Selain membantu mengatasi kulit rusak, penyerapannya pun kecil ke kulit.

4. Lidah buaya

Lidah buaya bisa membantu menyembuhkan puting yang terluka atau lecet. Bunda bisa aplikasikan gel lidah buaya di area puting. Namun, jangan lupa bersihkan sebelum menyusui si kecil ya.

5. Air susu ibu (ASI)

ASI ternyata bisa menjadi produk skin care, Bun. ASI mengandung nutrisi berupa vitamin dan mineral yang baik untuk kulit.

Ibu menyusui bisa menggunakan ASI untuk menghapus make up atau produk pencuci muka. Jika Bunda kreatif, ASI bisa diubah menjadi lotion atau lip balm.

6. Azelaic acid

Bahan Azelaic Acid bisa digunakan sebagai pengganti Salicylic Acid atau Benzoyl Peroxide untuk perawatan kulit berjerawat. Cara kerjanya bisa membunuh bakteri dan mengurangi keratin yang bisa mencegah pori-pori tersumbat. Bisa juga membuat kulit terlihat lebih cerah.

Simak juga cara hilangkan mata panda dengan bahan rumah di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi