sign up SIGN UP search

menyusui

Bolehkah Retinol Dipakai Ibu Menyusui? Cari Tahu juga Alternatif Skincare yang Aman

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 12 Jan 2023 09:41 WIB
Skincare Ibu Hamil Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Selama menyusui, banyak ibu mengeluhkan kulitnya yang kusam, jerawatan, dan tak lagi glowing. Biasanya nih, produk yang mengandung retinol sangat manjur mengatasi masalah tersebut. Permasalahannya, bolehkah retinol dipakai ibu menyusui ya, Bunda?

Retinol memang banyak diandalkan untuk mempertahankan kulit agar tetap awet muda, glowing, menangkal jerawat dan melawan kerutan. Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang disebut-sebut ahli kulit sebagai cara efektif untuk menjaga kulit tetap bersih dan halus.

Karena retinol sangat manjur, bahan ini juga kontroverasial untuk digunakan selama kehamilan dan pasca persalinan. Lantas, apakah dibolehkan menggunakan retinol saat menyusui?


Bolehkah retinol dipakai ibu menyusui?

"Ada pendapat kontroversial tentang topik ini karena jumlah atau retinol yang diserap ke dalam aliran darah mungkin sangat minim," jelas Deanne Mraz-Robinson, M.D, dokter kulit di Westport.

"Namun yang kami tahu ialah bahwa penggunaan vitamin A sintetik (retinoid) oleh ibu selama kehamilan dan menyusui dapat mengakibatkan banyak efek pada anak. Karena itu, dokter kulit umumnya tidak menganjurkan penggunaan aktif saat menyusui," tambahnya seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Jika Bunda pernah berjalan menyusuri lorong kecantikan di toko atau melihat counter perawatan kulit di department store, kemungkinan besar Bunda telah menemukan retinol baik dalam bentuk retinoid yang diresepkan atau sebagai retinol yang dijual bebas. 

"Retinol dan retinoid sering digunakan secara bergantian, tetapi ada perbedaannya," tambah Dr Mraz-Robinson. Retinoid termasuk turunan vitamin A yang diubah menjadi asam retinoat untuk meningkatkan tingkat pergantian sel kulit.

Adapun retinol diubah menjadi asam retinoat di dalam tubuh dengan mengikat reseptor asam retinoat yang ditemukan di kulit. Ketika reseptor ini bersentuhan dengan retinol dan mengubahkan menjadi asam retinoat, mereka dapat memengaruhi ekspresi gen dan menghasilkan perubahan signifikan pada penampilan kulit, merawat semuanya mulai dari jerawat hingga bekas luka hingga tanda-tanda penuaan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 2 bahan skincare yang wajib dihindari busui:

[Gambas:Video Haibunda]



BOLEHKAH RETINOL DIPAKAI IBU MENYUSUI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!