sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Pilih Skincare untuk Busui, Tandai Kandungan Berbahaya untuk Si Kecil

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 04 Oct 2021 07:36 WIB
Ilustrasi wanita pakai skincare atau perawatan kulit caption

Jakarta - Pemakaian skincare ibu menyusui memang tak boleh sembarangan ya. Perlu Bunda ketahui nih, ada beberapa bahan yang tidak aman dan dapat membahayakan Si Kecil melalui ASI yang diterimanya dari Bunda.

Memilih rutinitas perawatan kulit yang memenuhi semua kebutuhan kulit bukanlah hal mudah. Tak hanya harus yang aman, tentunya juga harus mengandung bahan yang bisa mencerahkan, menghaluskan, menghidrasi, dan melembabkan kulit dapat terpenuhi.

Saat hamil ataupun menyusui, Bunda pun perlu lebih bijak memilih skincare ibu menyusui. Beberapa bahan berbahaya di dalam skincare rentan berpindah ke bayi lewat aliran ASI Bunda lho. Sehingga, harus sangat hati-hati memilih skincare ibu menyusui yang digunakan dalam keseharian. 


Dr Jessica Wu, seorang dokter kulit mengatakan dalam memilih skincare ibu menyusui yang aman, cocok, serta efektif di kulit memang dapat menjadi tantangan tersendiri. Bunda pun diharapkan selalu waspada memerhatikan label kemasan dan memeriksa kandungan skincare ibu menyusui dengan cermat.

"Ingat juga untuk selalu menanyakan kepada dokter Bunda sebelum menggunakan obat atau perawatan kulit baru saat hamil dan menyusui," kata Jessica Wu, seperti dikutip dari laman What to Expect.

tips skincare agar kulit glowingtips skincare agar kulit glowing/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Di samping itu, melansir dari Hellogiggles, dalam memilih skincare ibu menyusui yang aman, Bunda sebaiknya menghindari adanya kandungan retinol dan hydroquinone.

Menurut dokter kulit, Anna, Karp. M.D, retinol penting sekali dihindari. Sebab, retinol merupakan turunan vitamin A dan versi oralnya ditemukan teratogenik (agen yang dapat mengganggu janin) sehingga wanita harus menghindarinya saat hamil dan menyusui.

Selanjutnya, Karp menambahkan, memilih skincare ibu menyusui juga perlu berwaspada terhadap kandungan hydroquinone. Kandungan tersebut merupakan peredam pigmen yang kuat, belum ada hasil penelitian yang cukup kuat untuk menganggapnya aman selama kehamilan atau menyusui. Sehingga, busui perlu ekstra hati-hati dan membaca label bahan dalam kemasan produk yang digunakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, bahan-bahan yang aman dalam skincare ibu menyusui yakni vitamin C, Vitamin E, Gliserin, Squalane. Bahan-bahan tersebut memberikan manfaat bagi kulit saat menyusui sehingga aman digunakan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk alasan Bunda wajib pakai sunscreen setiap hari dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERIKSA KANDUNGAN VITAMIN C DAN E YA, BUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!