sign up SIGN UP search

menyusui

Bayi Lepas-lepas dan Rusuh saat Menyusu, Apakah Si Kecil Bingung Puting?

Fadelia Fauziah Rahma   |   Haibunda Sabtu, 17 Dec 2022 10:11 WIB
Young single mother holds a baby boy in matching white and blue striped clothes while he is crying. They are lying down on a white blanket. caption
Jakarta -

Bayi dilahirkan dengan pengetahuan menghisap dan si Kecil memang sudah terprogram untuk menyusui dari payudara. Namun, bila Si Kecil pernah menyusu dari botol terkadang mereka memiliki preferensi berbeda dan sulit untuk menyusui dari payudara kembali. Kondisi demikian sering disebut sebagai bingung puting.

Dikutip dari buku Does Giving Your Baby A Bottle Cause Nipple Confusion? karya Timmons, dijelaskan bahwa bingung puting merupakan kondisi ketika bayi mengalami kesulitan ketika mengisap ASI langsung dari payudara.

Tanda bingung puting pada bayi

Menurut konselor laktasi dr Sarah Aulia IBCLC melalui laman Instagram-nya @drsarahlaktasi, ada beberapa gejala bingung puting yang muncul yang bisa Bunda temui selama menyusui Si Kecil. HaiBunda pun sudah mendapat izin dari dr Sarah untuk mengutip konten tersebut,


Terkadang pula, tak sedikit busui yang sulit membedakan antara bingung puting dan menolak menyusu (nursing strike). "Sebenarnya ada tanda-tanda awal dan tahapannya yaa buibuk. Coba identifikasi penyebabnya dengan konsultasi langsung ke konselor laktasi atau dokter laktasi kesayangan ibu ya," pesannya.

Agar tak asal menebak dan menemukan hal ini dialami bayi, berikut beberapa tanda, gejala, dan tahapan bingung puting menurut dr Sarah:

1. Cara bayi menyusu perlahan berubah sampai mendadak.

2. Isapan bayi melemah, mudah tertidur, mulut mengecil dan sulit mempertahankan mulut tetap terbuka lebar.

3. Menyusu lepas-lepas sering mengumpulkan ASI dalam mulut/ ASI rembes keluar dari mulut bayi, rewel dan mulai ngamuk saat menyusu.

4. Sampai pada akhirnya beberapa kali menolak menyusu total.

Nah, Bunda apabila mengalami hal demikian sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan konsultan atau dokter laktasi terkait.  Namun, sebenarnya apa sih penyebab bingung puting pada bayi, ya Bunda? 

Penyebab bingung puting 

Bingung puting kerap terjadi karena bayi sudah dibiasakan meminum ASI dari botol susu, sehingga bayi menjadi bingung ketika menyusui kembali melalui payudara. Selain itu, bayi perlu bekerja keras dengan menggerakkan 40 otot wajahnya ketika menyusui langsung dari sang ibu.

Lalu bagaimana cara mengatasi bingung puting? Simak di halaman selanjutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 langkah atasi bingung puting pada bayi.

[Gambas:Video Haibunda]



MENGATASI BINGUNG PUTING PADA BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!