sign up SIGN UP search

menyusui

Bolehkah ASI Kanan & Kiri Dicampur? Simak Dulu Ketentuannya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 13 Dec 2022 07:50 WIB
Mother is pouring milk from breast milk storage bags to baby bottle with measuring scale,  Breast Pumping milk concept. selective focus. caption
Jakarta -

Saat memompa ASI, banyak busui langsung mencampur hasil ASI perah dari payudara kiri dan kanan. Nah, sebenarnya bolehkah ASI kanan dan kiri dicampur ya, Bunda?

Proses memerah dan menyimpan ASI perah memang tidak bisa sembarangan ya, Bunda. Meskipun sering kali membingungkan soal penyimpanannya, terutama saat harus mencampur dan membekukan ASI, tetapi cara tersebut memang perlu dipatuhi agar kualitas ASI yang disimpan tetap baik. 

Bolehkah ASI kanan dan kiri dicampur?

Ya, soal penyimpanan ASI perah memang menjadi prioritas ya, Bunda. Karenanya, Bunda perlu mengetahui ketentuan cara perah ASI dan juga penyimpanannya. Termasuk, apakah bisa mencampurkan ASI perah dari payudara kanan dan kiri.


Pada dasarnya, mencampurkan ASI dari sisi yang berbeda pada sesi pemompaan yang sama tidaklah masalah ya, Bunda. Dalam hal ini, Bunda cukup menuangkan ASI dari payudara kanan dan kiri ke satu botol dan simpanlah. Jangan lupa, berikan label pada botol ASI perah dengan hari Bunda memompanya. 

Mengenai mencampur ASI perah, The Academy of Breastfeeding Medicine memberikan panduannya yakni ASI fresh yang baru diperah tidak boleh ditambahkan ke susu yang sudah didinginkan atau dibekukan, untuk mencegah penghangatan kembali susu yang sudah disimpan. 

Hal terbaik yakni mendinginkan susu yang baru diperah terlebih dahulu sebelum kemudian Bunda menambahkannya ke dalam ASI yang disimpan lebih lama. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Salah satu alasannya karena dalam pedoman penyimpanan ASI ialah untuk membatasi jumlah pertumbuhan bakteri dalam ASI yang diberikan pada bayi.

Kemudian, menjaga ASI perah tetap dingin di lemari es atau freezer dapat memperlambat pertumbuhan bakteri. Namun, menambahkan susu hangat ke dalam susu yang sudah ada di lemari es akan menghangatkan susu dingin, dan memungkinkan bakteri tumbuh lebih cepat, seperti dikutip dari laman Exclusive Pumping.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 dampak buruk pemberian ASI diselingi susu formula.

[Gambas:Video Haibunda]



BOLEHKAH ASI KANAN & KIRI DICAMPUR? INI KETENTUANNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!