sign up SIGN UP search

menyusui

Beragam Pilihan Cara Membekukan ASIP, Mulai dari Freezer hingga Styrofoam Box

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 14 Dec 2022 16:30 WIB
ASI Perah caption
Jakarta -

Menyusui bukan cuma memberikan ASI secara langsung ke bayi ya. Selama menyusui, Bunda juga perlu memahami manajemen ASI perah atau ASIP.

Memerah ASI dapat dilakukan bahkan sebelum Bunda berencana masuk kerja. Memerah bukan cuma menyediakan stok ASI untuk Si Kecil, tapi juga mempertahankan produksi ASI.

"Mempelajari seluk-beluk ASI perah dan teknik memerah merupakan salah satu langkah menuju keberhasilan menyusui," kata konselor laktasi F.B. Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui.


"Ibu menyusui yang baru melahirkan sebaiknya memahami cara memerah ASI sehingga ibu dapat terus mempertahankan pemberian ASI saat harus terpisah dari bayinya," sambungnya.

Memahami manajemen ASI perah memang tak mudah. Bila bingung dan merasa khawatir, Bunda dapat berkonsultasi ke konselor laktasi atau dokter ya.

Manajemen ASI perah

Manajemen ASIP dimulai saat Bunda memerah payudara baik dengan tangan atau pompa ASI. ASI yang terkumpul kemudian disimpan di dalam wadah khusus seperti botol atau kantong plastik ASIP.

Doktet Spesialis Anak, dr. Meta Hanindita, Sp.A(K) dalam buku Mommyclopedia: 456 Fakta tentang ASI dan Menyusui, menjelaskan bahwa pemilihan botol atau kantong ASIP harus benar. Artinya, wadah ASIP ini dapat ditutup dengan rapat atau anti bocor.

"Pastikan menghindari bahan plastik yang mengandung bisphenol A (BPA). Bahan yang mengandung BPA memiliki simbol recycle no. 7," ujar Meta.

Setelah disimpan dalam wadah yang rapat, Bunda dapat segera menyimpannya di pendingin. Ada beragam pilihan penyimpanan ASIP sesuai dengan kebutuhan nih.

Setiap penyimpanan ASIP juga memiliki lama waktu simpan. Pastikan untuk memahami petunjuk penyimpanan ASIP di pendingin yang akan digunakan, serta tidak mencampurkan ASI yang baru dan yang telah dibekukan.

Nah, pilihan cara membekukan ASIP dapat Bunda baca di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 4 cara menghangatkan ASI perah, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PILIHAN CARA MEMBEKUKAN DAN MENYIMPAN ASIP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!