sign up SIGN UP search


menyusui

Penting! Simpan ASIP di Kulkas 1 Pintu Ternyata Tak Bisa Bertahan hingga 6 Bulan

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 01 Jul 2022 07:13 WIB
breast milk in plastic bags on refrigerator shelf, frozen mother milk  for infant, breastfeeding caption
Jakarta -

Penyimpanan ASI perah di kulkas 1 pintu mungkin berbeda daya tahannya dengan penyimpanan ASI perah di kulkas 2 pintu ya, Bunda. Yuk, cari tahu bagaimana cara menyimpan ASI di kulkas 1 pintu agar awet.

Cara menyimpan ASI dengan baik sesuai media simpannya dapat menambah ketahanan ASI dan membuatnya tetap berkualitas. Sering kali, banyak busui tak menyadari hal ini sehingga ASI perah yang mereka simpan kurang berkualitas saat diberikan pada bayi.


Melansir Parents, ASI memang penuh dengan nutrisi dan antibodi yang dibutuhkan bayi. Tetapi, menyimpan ASI secara tidak benar dapat menurunkan sifat-sifat penting tersebut. Inilah mengapa penting bagi busui mengetahui cara menyimpan ASI.


Usai memompa ASI, ada baiknya Bunda segera memberikannya pada bayi. Jika ingin dibiarkan lebih dari beberapa jam, ada baiknya masukkan ASI ke dalam lemari es atau freezer

"Ada baiknya jangan menyimpannya di rak lemari es atau pintu freezer. Lebih banyak menyimpannya di bagian belakang freezer sehingga tidak terlalu terkena perubahan suhu saat membuka dan menutup pintu," ujar Kelly A. Hightower, R.N, seorang konselor laktasi.

Kemudian, cara termudah saat Bunda perlu menyimpan ASI yakni bagilah dalam jumlah yang Bunda gunakan pada setiap menyusui untuk menghindari pemborosan. Misalnya, jika bayi mengonsumsi 6 ons dalam satu kali menyusui, masukkan 6 ons ASI ke dalam wadah penyimpanan sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Jangan lupa, tuliskan tanggal pada botol atau wadah penyimpan untuk mengetahui tanggal susu kedaluwarsa. Aturan umumnya ialah ASI dapat bertahan hingga 4 sampai 8 jam di suhu kamar. Kemudian, bertahan 3 hingga 8 hari di bagian belakang lemari es dan bertahan di belakang freezer hingga 3-6 bulan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 cara menyimpan ASIP yang benar.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENYIMPAN ASI DI KULKAS 1 PINTU AGAR AWET
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!