sign up SIGN UP search

menyusui

Puting Payudara Kanan Gatal saat Menyusui? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 18 Dec 2022 08:01 WIB
Health problem concept. Young sick woman feel a stabbing pain touching chest on gray caption
Jakarta -

Puting payudara kanan saat menyusui kerap terasa gatal. Tentunya ini sangat mengganggu kenyamanan menyusui ya, Bunda. Hmm, kira-kira, kenapa puting payudara kanan gatal? Yuk, cari tahu penyebabnya.

Manfaat menyusui mungkin sangatlah banyak ya, Bunda. Hanya saja, selalu saja tidak mudah melalui proses menyusui bagi para Bunda di luar sana. Tidak saja urusan pembengkakan payudara, pasokan ASI minim, hingga nyeri puting. Tak hanya itu, kelelahan, puting pecah-pecah, dan masalah lainnya kerap muncul selama perjalanan menyusui.

Khususnya soal urusan gatal saat menyusui, mungkin hal ini menjadi masalah umum yang dihadapi busui. Seringkali, rasa gatal saat menyusui ini sulit dibendung dan membuat urusan menyusui jadi terganggu, seperti dikutip dari laman Romper.


Puting payudara kanan gatal

Perlu diketahui bahwa sering kali rasa gatal saat menyusui merupakan gejala thrush infection. Puting yang gatal juga baisanya menandakan adanya infeksi jamur di payudara atau thrush infection di mulut atau area popok bayi. Beberapa gejala paling umum untuk infeksi tersebut ialah puting kering, pecah-pecah, terkelupas, dan nyeri saat menyusui.

Oh ya, Bunda, puting yang gatal juga bisa menandakan adanya iritasi akibat pewarna pada pakaian, detergen, atau produk topikal. Jika puting Bunda juga kering atau pecah-pecah dan Bunda melihatnya lepuh, mungkin Bunda mengalami infeksi jamur. 

Puting yang gatal memang bisa mengganggu atau benar-benar menyakitkan. Dan, puting yang gatal cukup umum terjadi mengingat puting sensitif dan mudah mengalami iritasi. Ruam atau rasa tidak nyaman yang dialami mungkin terlokalisasi pada puting itu sendiri, atau juga dapat memengaruhi areola, yaitu lingkaran kulit yang lebih gelap yang mengelilingi puting. 

Mengingat puting sensitif, cukup umum untuk mengalami gatal ya, Bunda. Jika rasa gatalnya hanya sekali dan cepat berlalu, kemungkinan besar tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi, jika terus menerus dan menyebabkan Bunda tertekan, mungkin ada penyebab medis yang mendasarinya.

Penyebab puting payudara kanan gatal

Berikut ini beberapa penyebab puting gatal dan cara mengobatinya ya, Bunda:

  • Eksim

Eksiim dapat menyebabkan bercak merah, bersisik, gatal di areola, dan di sekitar puting, kata Kellie Reed, MD, dokter kulit di Westlake Dermatology, seperti dikutip dari laman Insider.

Kondisi ini merupakan kondisi kronis dan jika Bunda mengalaminya di atau dekat puting, kemungkinan Bunda juga mengalaminya di bagian tubuh lain. Eksis disebabkan oleh berbagai elemen termasuk fungsi sistem kekebalan tubuh, genetika, stres, dan faktor lingkungan.

Cara mengobatinya yakni dengan menggunakan stereoid topikal, yang dapat mengurangi peradangan dan rasa gatal. Dalam kasus yang lebih parah, Bunda mungkin diberikan resep antihistamin atau kortikosteroid yang diminum. Selain itu, pengobatan rumahan seperti menggunakan pelembab tanpa pewangi atau petroleum jelly dapat membantu menyembuhkannya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 tips memilih salep puting lecet.

[Gambas:Video Haibunda]



KENAPA PUTING PAYUDARA KANAN GATAL? INI PENYEBAB & CARA MENGATASINYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!