sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Mengatasi Puting Payudara Ibu Menyusui yang Sering Terasa Gatal

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 24 Apr 2020 08:09 WIB
A Japanese mother breastfeeding her baby girl in a home nursery. caption
Jakarta - Bagi ibu menyusui, puting terasa sakit sudah menjadi hal yang biasa. Tapi, bagaimana jika ibu menyusui merakan gatal terus-menerus di area tersebut?

Seorang obgyn dari AskDrAngela.com, Angela Jones, MD, menjelaskan bahwa memang ada berbagai alasan yang menyebabkan puting payudara kerap terasa gatal. Masalah kulit pun bisa menjadi pemicunya.


"Masalah pertama, kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis dapat memengaruhi kulit sensitif pada puting serta bagian tubuh lainnya. Ini jauh lebih umum daripada yang dipikirkan orang, dan puting tidak terkecuali," jelas Jones dikutip dari laman Refinery29.


Lebih lanjut Jones juga menuturkan bahwa gatal di puting juga dapat disebabkan sabun dan deterjen cucian tertentu. Sama halnya dengan vagina dimana memang sebaiknya menghindari hal-hal yang menggunakan banyak pewangi atau parfum karena dapat menyebabkan iritasi.

Cara Mengatasi Puting Payudara Ibu Menyusui yang Sering Terasa GatalMengatasi puting payudara gatal pada ibu menyusui/ Foto: iStock

Selain itu, beberapa ibu menyusui juga merasakan gatal di puting sebagai akibat dari ASI yang mengering sehingga membuatnya tidak nyaman. Tetapi yang lebih serius, terkadang puting yang gatal merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius seperti kanker payudara.

Namun, Jones mengatakan bahwa jika Bunda hanya mengalami gatal, ini tidaklah mungkin. Sebab, gejala serius tersebut biasanya akan disertai gejala lain yang terkait dengan gatal pada puting payudara, seperti perubahan arsitektur kulit di sekitarnya, rasa sakit, atau pembalikan puting, jelasnya.

Untuk itu, selama gejala yang dirasakan masih normal dan tak berlebihan, Bunda pun tidak perlu khawatir berlebihan.

Sebagai bentuk pencegahan, guna mengatasi rasa gatal yang mungkin timbul ketika menyusui, Bunda dapat membiarkan payudara mengering dan mengoleskan ASI segar ke area puting, seperti dikutip dari laman Hellomotherhood.

Hindari membilas dengan sabun dan air atau menggosok area tersebut hingga kering. Sebagai gantinya, Bunda dapat membilasnya dengan air dingin atau membiarkan air mengalir di atas payudara selama mandi.


Ganti pula breast pad, baju, dan bra sesering mungkin. Jika hal tersebut masih kurang membantu, segeralah temui dokter untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak juga yuk penjelasan dokter mengenai tongue tie, yang membuat bayi kesulitan menyusui. Klik video di bawah:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi