menyusui

Kebiasaan Buruk Bunda yang Sebabkan Puting Gatal Setelah Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 02 Oct 2019 16:45 WIB
Kebiasaan Buruk Bunda yang Sebabkan Puting Gatal Setelah Menyusui
Jakarta - Setiap selesai menyusui, puting kok terasa gatal ya. Rasanya enggak enak banget. Pingin menggaruk tapi takut lecet. Hmm, normal enggak sih gejala seperti ini?

Puting gatal memang kerap dirasakan ibu menyusui. Rasanya enggak nyaman, bikin risih dan memalukan jika berada di tempat umum. Gatal pada puting payudara ini bisa disebabkan karena adanya iritasi kulit, seperti kulit pecah-pecah dan teriritasi.

Melansir Medical News Today, menyusui memang dapat menyebabkan kulit kering dan teriritasi. Sebab, jaringan puting mungkin sensitif pada awalnya. Dan, ibu yang baru menyusui mungkin akan kaget dengan betapa kuatnya si kecil yang baru lahir menyusu.


Jaringan puting sensitif di awal-awal menyusui. Hisapan bayi yang terlalu kuat, dapat menyebabkan kulit di sekitar payudara kering dan teriritasi terutama pada orang dengan riwayat masalah kulit.

Kebiasaan Buruk Bunda yang Sebabkan Puting Gatal Setelah MenyusuiPenyebab puting gatal saat menyusui/ Foto: iStock

Konsultan laktasi, Leigh Anne O'Connor mengatakan, beberapa ibu menyusui akan melalui proses menyusui tanpa masalah tetapi mungkin ada beberapa kendala di sepanjang perjalanannya.

"Menyusui bisa sangat sulit dan menyakitkan pada puting wanita," ujarnya seperti dikutip dari Self.

Untuk masalah yang satu ini, lakukan pengobatan alami bisa dilakukan di rumah, Bun. Salah satunya dengan menjaga payudara tetap kering.

Biasakan untuk menyeka payudara dan puting setiap selesai menyusui, dengan kain lembut yang dibasahi air hangat, menggunakan pelembab serta mengenakan pakaian longgar, seperti dikutip dari laman Parenting First Cry.

Tak kalah penting, Bunda juga perlu menyusun jadwal menyusui secara teratur. Cara ini sangat penting karena siklus menyusui yang terjadwal dengan baik akan memungkinkan payudara kering tepat waktu dan menghindari penumpukan ASI.

Cara pelekatan yang benar saat menyusui bayi, yang harus Bunda ketahui!

[Gambas:Video Haibunda]



Semoga membantu, Bun. (rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi