sign up SIGN UP search

menyusui

Daftar Susu Ibu Menyusui Lengkap dengan Detail Harga hingga Manfaatnya

Hasna Fadhilah   |   Haibunda Sabtu, 17 Dec 2022 07:50 WIB
5 Tips Minum Susu Ini Perlu Ditiru Agar Dapat Manfaat Sehatnya caption

Susu menjadi salah satu asupan yang bagus untuk ibu menyusui. Selain bagus untuk meningkatkan zat besi, susu juga ada yang diformulasikan untuk menjadi ASI booster.

Perkembangan dan pertumbuhan bayi yang baru lahir sangat ditentukan oleh asupan ASI atau susu dan makanan yang diberikan kepada mereka. Maka dari itu penting untuk para ibu menyusui agar memperhatikan pemenuhan nutrisi tubuhnya dan jumlah produksi ASI yang dihasilkan.

Pemenuhan nutrisi dan produksi ASI dapat ditunjang dengan rutin mengonsumsi susu ibu menyusui. Ibu menyusui perlu minum susu untuk menjaga kesehatan dan pemenuhan nutrisi selama buah hatinya masih mengandalkan ASI sebagai makanan pokok mereka. 


Saat ini sudah banyak produk susu ibu menyusui yang beredar di pasaran dengan beragam kandungan nutrisi di dalamnya yang dapat menjadi pilihan bagi para ibu.

7 Rekomendasi susu ibu menyusui tinggi kalsium penambah ASI & estimasi harga

Berikut rekomendasi susu ibu menyusui yang dapat menjadi referensi pilihan Bunda sebelum membeli:

1. Prenagen Lactamom Mocha

Susu khusus ibu menyusui ini merupakan susu rendah lemak yang dapat membantu memenuhi nutrisi pada ibu. Susu ini mengklaim dapat meningkatkan stamina dan kualitas ASI ibu untuk meningkatkan berat badan bayi. 

Prenagen Lactamom Mocha mengandung kalsium, vitamin D, zat besi, fosfor, magnesium, AA, DHA, hingga omega-3, 6, dan 9. Dengan berbagai kandungan gizinya yang tinggi, susu ini membantu mengoptimalkan perkembangan otak dan tulang Si Kecil, bahkan kesehataan pencernaannya juga. 

Harga susu:

Harga susu ibu menyusui Prenagen Lactamom Mocha ukuran 400 gram adalah Rp73.000.

2. Lactamil ACTI Duobio+

Susu Lactamil ACTI Duobio+ hadir dengan formula ACTI Duobio+ atau kandungan nutrisi dan manfaat yang ganda. Susu ini diklaim bisa memenuhi nutrisi harian ibu menyusui seperti asam folat, zat besi, omega-6, kalsium, vitamin A, C, D3, E, dan protein. 

Harga susu:

Susu ini hadir dengan varian rasa cokelat dan kisaran harga untuk ukuran 200 gramnya adalah Rp36.500.

3. SGM Bunda Hamil dan Menyusui

Susu SGM untuk ibu hamil dan menyusui mengandung kombinasi zat besi dan vitamin C menjadi ironC, yang bermanfaat untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi. 

Selain itu, susu SGM ini juga mengandung omega-3 dan 6, protein, kalsium, hingga serat pangan dan zinc. Susu SGM khusus untuk ibu hamil dan menyusui hadir dengan varian rasa stoberi dan cokelat.

Harga susu:

Harga susu ibu menyusui SGM ukuran 150 gram adalah sekitar Rp22.000.

4. Enfamama A+

Enfamama A+ adalah produk susu untuk ibu hamil dan menyusui yang banyak mengandung asam folat, zat besi, vitamin C, kolin, magnesium, protein, biotin, DHA, dan masih banyak lagi. Enfamama A+ juga merupakan susu ibu menyusui tinggi kalsium. 

Kandungan gizi yang tinggi tersebut tidak hanya bermanfaat untuk ibu menyusui saja, susu ini juga membantu untuk memenuhi nutrisi di 1000 hari pertama bayi. Susu ini memiliki rasa cokelat yang lezat dan tidak menimbulkan efek mual saat mengonsumsinya.

Harga susu:

Kisaran arga Enfamama A+ ukuran 400 gram adalah Rp101.500.

5. Lovamil khusus ibu hamil dan menyusui

Susu Lovamil diperuntukkan bagi ibu hamil dan menyusui yang mengandung nutrisi lengkap. Di antaranya asam folat, DHA, protein, zat besi esensial, polydextrose, dan berbagai vitamin serta mineral. 

Selain itu, susu Lovamil ini juga dilengkapi dengan ekstra daun katuk yang berfungsi sebagai ASI booster dan hadir dengan beragam varian rasa seperti vanilla, cokelat, stroberi, dan kacang hijau.

Harga susu:

Kisaran harga susu Lovamil khusus ibu hamil dan menyusui ukuran 120 gram adalah Rp15.500.

6. Meternity Frisian Flag Mama

Meternity Frisian Flag Mama diperuntukkan bagi ibu hamil dan menyusui. Susu ini memiliki kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, inulin, serat pangan, kolin, zat besi, asam folat, dan berbagai vitamin dan mineral.

Nutrisi yang tinggi tersebut membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu dan bayi. Meternity Frisian Flag Mama hadir dengan rasa varian cokelat yang enak dan tidak membuat para ibu merasa mual. 

Harga susu:

Kisaran harga susu Meternity Frisian Flag Mama ukuran 200 gram adalah Rp26.000. 

7. Anmum Lacta

Anmum Lacta membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi Ibu selama menyusui agar mampu memproduksi ASI yang berkualitas. Susu ini juga tinggi nutrisi karena mengandung GA, DHA, vitamin B, inulin, kalsium, dan zat besi. Anmum Lacta merupakan susu yang nyaman di lidah dan tidak membuat ibu menyusui hamil saat mengonsumsinya.

Harga susu:

Harga susu Anmum Lacra ukuran 400 gram adalah Rp68.000.

Manfaat susu ibu menyusui 

Kebutuhan kalori untuk ibu menyusui sedikit berbeda dari sebelum hamil. Ibu menyusui setidaknya membutuhkan 330-400 kalori tambahan per harinya dari jumlah biasanya, untuk dapat memproduksi ASI berkualitas bagi Si Kecil. 

Maka, penting untuk memilih makanan yang mengandung zat besi, protein, kalsium, dan nutrisi lain untuk kebutuhan ibu menyusui. 

Meskipun asupan nutrisi utama tetap berasal dari makanan sehari-hari, susu ibu menyusui dapat menunjang pemenuhan nutrisi para ibu setiap harinya. Susu ibu menyusui dapat memberikan manfaat dengan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya, baik untuk sang ibu maupun bayinya. 

Namun memang tidak semua ibu cocok dengan susu khusus ibu menyusui yang kebanyakan merupakan susu sapi, apalagi jika bayinya terdeteksi memiliki alergi susu sapi. 

Oleh sebab itu, Bunda tidak perlu khawatir, selain susu ibu menyusui yang sudah direkomendasikan di atas, berikut beberapa pilihan jenis susu lain yang dapat Bunda konsumsi beserta dengan manfaatnya. 

Jenis susu dan manfaat yang perlu Bunda tahu

Berikut ulasan susu ibu menyusui selengkapnya:

Susu Almond

Susu almond merupakan minuman susu nabati yang dibuat dengan bahan dasar kacang almond. Susu almond umumnya dijadikan susu alternatif bagi mereka yang memiliki alergi laktosa dan protein pada susu sapi. 

Susu jenis ini banyak mengandung kalsium, protein nabati, karbohidrat, serat, dan beragam vitamin. 

Maka dari itu Bunda, susu almond banyak memberikan manfaat di antaranya:

  • Menguatkan tulang jantung lebih sehat 
  • Menurunkan risiko diabetes
  • Pilihan susu alternatif untuk ASI booster ibu menyusui

Susu Kedelai

Sama halnya dengan susu almond, susu kedelai juga berbahan dasar dari tumbuhan yang mengandung protein nabati yaitu kacang almond. Setelah melalui beragam tahapan proses produksi, susu kedelai ternyata mengandung zat gizi penting seperti kalsium, serat, vitamin, hingga fosfor dan lemak sehat. 

Dengan kandungan nutrisi yang tinggi, susu kedelai memiliki beragam manfaat, di antaranya:

  • Menurunkan kolesterol
  • Membantu proses pertumbuhan anak-anak
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Memberikan banyak nutrisi untuk ibu hamil

Susu Beras

Susu beras memang bukanlah produk susu yang lazim dikonsumsi. Namun susu yang diproduksi dari beras ini mengandung banyak zat gizi yang penting. Di antaranya adalah tinggi kalsium dan fosfor, vitamin A & D, kandungan antioksidan yang tinggi, dan rendah lemak tak jenuh. 

Susu beras memiliki segudang manfaat, di antaranya adalah:

  • Cocok menjadi susu pengganti bagi mereka yang alergi kacang ataupun intoleran terhadap laktosa
  • Membantu menurunkan kolesterol
  • Menguatkan tulang dan gigi
  • Meningkatkan imunitas tubuh

Susu Kental Manis

Susu kental manis atau kini disebut kental manis merupakan produk dari susu sapi yang sudah ditambahkan dengan gula dan kandungan airnya dihilangkan. Maka dari itu, susu kental manis rasanya sangat manis dan mampu bertahan hingga satu tahun lamanya. Jenis susu ini biasa ditambahkan untuk dalam minuman atau makanan agar terasa manis. 

Susu kental manis memiliki kandungan vitamin, protein, karbohidrat, kalori dan mineral yang diperlukan untuk tubuh untuk mampu menunjang kegiatan sehari-hari. 

Meski begitu, tidak disarankan untuk mengonsumsi susu kental manis secara berlebihan karena kandungan gula di dalamnya dapat meningkatkan risiko diabetes.

Susu Full Cream

Susu full cream merupakan jenis susu sapi yang kandungan lemak aslinya tetap dipertahankan, sehingga kandungan kadar lemak di dalam susu jenis ini tergolong cukup tinggi yaitu 8 gram per gelasnya. Kadar lemak asli yang tinggi inilah yang menyebabkan rasa susu full cream menjadi gurih dan legit. 

Sama halnya dengan produk susu sapi lain yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, magnesium, dan fosfor, susu full cream dapat bermanfaat terutama dalam pertumbuhan anak-anak.

Susu full cream dapat membantu menguatkan tulang, mengurangi terjadinya risiko osteoporosis atau penyakit tulang lainnya, hingga mengoptimalkan kinerja jantung di tubuh. 

Susu Skim

Berbanding terbalik dengan susu full cream, susu skim adalah produk susu sapi yang dibuat dengan menghilangkan kandungan lemaknya. Sehingga kandungan lemak di dalam susu skim hanya tersisa 0,1 persen. Susu skim biasa dikenal dengan nama susu kurang lemak atau reduce fat milk

Meski kandungan lemaknya dihilangkan, namun susu skim masih memiliki kandungan nutrisi lain seperti protein, karbohidrat, kalium, zat besi, hingga vitamin C.

Dengan kandungan gizi yang sama dengan susu sapi murni, susu skim bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, membantu mengurangi berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga massa otot tubuh.

Susu UHT

Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan produk susu sapi yang diolah dengan cara dipanaskan dalam suhu yang tinggi selama beberapa detik. Metode ini dilakukan untuk membunuh bakteri jahat di dalam susu, agar aman untuk dikonsumsi dan dapat bertahan lama. 

Sama halnya dengan produk susu sapi lain, susu UHT memiliki kandungan gizi yang sama seperti lemak, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, hingga magnesium. 

Kandungan gizi ini tentunya dapat membantu menguatkan tulang terutama pada anak-anak, mengurangi risiko terkena osteoporosis, dan mengoptimalkan kinerja jantung di dalam tubuh. 

Susu Evaporasi

Produk dari susu sapi murni lainnya ialah susu evaporasi yang merupakan jenis susu yang mengalami proses pemanasan dalam waktu lama. Kadar air di dalam susu evaporasi akan berkurang hingga 60 persen, selain itu susu ini juga tidak mengandung gula. 

Susu evaporasi juga memiliki kandungan gizi yang sama dengan jenis susu sapi lainnya yaitu protein, karbohidrat, lemak, kalsium, hingga vitamin A, B6 dan B12. 

Karena rasanya yang gurih, susu evaporasi umum digunakan sebagai salah satu bahan masakan pengganti santan atau bahan baku membuat kue.

 Susu Murni

Susu murni merupakan jenis susu sapi yang telah melewati proses untuk menghilangkan kandungan bakteri mikroba di dalamnya. Meski begitu, kandungan gizi di dalam susu murni sama tingginya dengan susu sapi pada umumnya. 

Susu murni mengandung lemak, karbohidrat, protein, kalsium, natrium, hingga vitamin A dan D. Dengan kandungan gizi yang tinggi, susu murni memiliki beragam manfaat, di antaranya:

  • Membantu menjaga kesehatan otot dan tulang 
  • Penambah energi
  • Menurunkan risiko terkena obesitas

Susu Bubuk

Sesuai dengan tampilannya, susu bubuk adalah produk susu sapi yang diproses dengan cara dikeringkan sehingga bentuknya menjadi bubuk. Oleh sebab itu, susu bubuk memiliki daya tahan yang lebih lama ketimbang produk susu cair lainnya. 

Sama seperti produk susu sapi lain, susu bubuk juga mengandung beragam nutrisi seperti kalsium, fosfor, karbohidrat, lemak, dan protein. Sehingga susu bubuk memiliki beberapa manfaat di antaranya:

  • Menguatkan tulang dan gigi
  • Penambah energi
  • Mengoptimalkan fungsi otak 
  • Menunjang tumbuh kembang anak-anak

Susu Bebas Laktosa

Susu bebas laktosa adalah produk susu sapi yang ditambahkan laktase untuk menghilang kandungan laktosa di dalamnya. Hal ini umum dilakukan oleh produsen produk susu karena ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap laktosa di dalam susu. 

Susu bebas laktosa biasanya diperuntukkan bagi anak-anak yang memiliki alergi terhadap laktosa. Kandungan dari susu bebas laktosa sama halnya dengan jenis produk susu sapi lain yaitu lemak, protein, karbohidrat, kalsium, dan vitamin. 

Susu Rendah Lemak (Low Fat)

Susu rendah lemak atau low fat milk adalah produk susu sapi yang hanya memiliki kandungan lemak sebesar 0,5 persen per gelasnya. Meski kandungan lemaknya rendah, namun low fat milk ternyata mengandung kalsium yang cukup tinggi hingga 501 miligram per gelasnya. 

Karena kandungan lemaknya yang cukup rendah, susu ini aman dikonsumsi oleh anak-anak. Selain itu susu rendah lemak juga memiliki beberapa manfaat lain, yaitu:

  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Menurunkan risiko terkena diabetes dan kolesterol

Semoga informasi mengenai susu ibu menyusui ini membantu memenuhi nutrisi Bunda agar ASI melimpah dan pertumbuhan Si Kecil maksimal.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Sudah tahu bagaimana cara mengajari anak ngaji? Simak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!