sign up SIGN UP search


menyusui

7 Rekomendasi Susu Ibu Menyusui, Bantu Bikin Produksi ASI Jadi Tokcer

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 04 Sep 2022 16:20 WIB
Thirsty young woman drinking milk from a glass in the kitchen caption
Jakarta -

Memilih susu untuk ibu menyusui seringkali membingungkan ya, Bunda. Apalagi, tak sedikit ibu menyusui yang memiliki riwayat alergi ataupun riwayat alergi pada bayinya. Sehingga, memilih susu untuk ibu menyusui yang aman penting dilakukan.

Saat menyusui, memperhatikan nutrisi yang diterima bayi guna meningkatkan pertumbuhan dan kesehatannya sangatlah penting ya, Bunda. Termasuk memasukkan susu untuk ibu menyusui dalam asupan harian.

Seperti diketahui bahwa selama menyusui Bunda mungkin perlu makan sedikit lebih banyak yakni sekitar 330-400 kalori tambahan per harinya untuk memberikan energi ekstra dan nutrisi untuk memproduksi ASI.


Manfaat susu untuk ibu menyusui

Oh ya, Bunda, pilihlah juga makanan yang kaya akan zat besi, protein, dan kalsium. Sumber zat besi yang baik termasuk lentil, sereal, sayuran berdaun hijau, kacang polong, dan buah kering seperti kismis. Untuk membantu tubuh menyerap zat besi, makan makanan kaya zat besi dan makanan tinggi vitamin C.

Penuhi juga sumber kalsium yang baik termasuk produk susu termasuk juga susu sapi yang bisa dijadikan asupan susu untuk ibu menyusui.

"Bayi yang menyusu cenderung tidak mengalami alergi susu sapi ketika ibu mereka minum susu sapi," ujar Danielle G. Lemay, PhD, seperti dikutip dari laman Milkgenomics.

Ibu yang minum susu sapi memiliki kadar IgA sekretorik yang lebih tinggi dalam ASI-nya. Sebuah studi kultur sel menunjukkan bahwa ASI sIgA tinggi menghalangi penyerapan protein susu sapi yang tidak tercerna oleh sel-sel usus.

Sedianya, ibu menyusui memang dapat minum susu sapi dengan aman. Meskipun sering kali susu sapi kerap dihindari busui karena berpotensi menyebabkan alergi. Sehingga, tak sedikit busui yang menghindarinya selama kehamilan dan menyusui untuk membantu mencegah perkembangan alergi pada bayi.

Untuk itu, ibu menyusui yang tidak memiliki alergi susu sebaiknya dapat minum susu sapi sebagai susu untuk ibu menyusui. Tidak ada bukti untuk mencegah kehadiran alergi dan beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi susu sapi juga dapat melindungi bayi yang disusui. Jadi, tetaplah tenang mengonsumsi susu sapi untuk membantu nutrisi bayi selama mereka menyusu.

Untuk tahu pilihan produk susu ibu menyusui, yuk klik halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 rekomendasi ASI booster 

[Gambas:Video Haibunda]



SUSU UNTUK IBU MENYUSUI, PILIH REKOMENDASINYA YUK, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!