menyusui

Camilan Lebaran Ini yang Ternyata Bagus untuk Lancarkan ASI Lho

Asri Ediyati   |   HaiBunda

Sabtu, 22 Apr 2023 09:00 WIB

Jakarta -

Menghidangkan beragam makanan sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia di hari Lebaran. Keluarga Bunda biasanya menghidangkan makanan apa saat di Hari Raya?

Hidangan khas yang tersedia biasanya adalah mulai dari ketupat, opor, hingga beragam camilan. Bicara soal camilan, ternyata ada, lho camilan sehat yang bagus untuk lancarkan ASI.

Camilan sehat yang lancarkan ASI itu tak lain adalah kacang-kacangan, Bunda. Ya, faktanya bahwa secara umum kacang adalah sumber yang kaya akan lemak tak jenuh, asam lemak Omega-3, Vitamin E, serat, Sterol Tumbuhan, dan L-arginin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Camilan Lebaran yang lancarkan ASIĀ 

Semua nutrisi tersebut bermanfaat untuk kesehatan jantung. Asupan kacang-kacangan dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Ini dapat memberikan keajaiban bagi tubuh dengan cara-cara berikut:

  • Mencegah pengentalan darah dan dengan demikian mengurangi risiko serangan jantung.
  • Membantu menjaga lapisan arteri (pembuluh darah) bebas dari plak penyebab nyeri dada dan serangan jantung.
  • L-arginine hadir dalam kacang membantu membuat dinding arteri fleksibel dan mencegah pembekuan dan penyumbatan.
  • Serat yang ada dalam kacang membantu mengatur pergerakan usus, menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.
  • Kacang kaya akan antioksidan, yang membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan melindunginya dari stres oksidatif.
  • Kacang-kacangan kaya akan vitamin E dan, oleh karena itu, membantu menutrisi dan melembabkan kulit dan rambut.

Kacang dapat melancarkan ASI

Kacang-kacangan mengandung bahan yang dapat memicu peningkatan produksi ASI. Kacang-kacangan, terutama almond, kenari, dan kacang mete, mengandung triptofan, asam amino yang membantu tubuh membuat serotonin, yang dikatakan sebagai neurotransmitter penting untuk laktasi.

Menurut banyak situs web kehamilan dan bayi baru lahir, mengonsumsi almond dan kenari meningkatkan sekresi ASI, dan menjadi camilan bergizi dan alami yang menyehatkan ibu dan bayi.

Saat Lebaran sendiri, berbagai kacang khas sebagai menu Lebaran juga tersaji ya, Bunda. Misalnya saja kacang bawang, kacang almond, hingga kacang mete. Semua kacang-kacangan tersebut dapat memberikan juga lho, bermanfaat untuk ibu menyusui dalam meningkatkan produksi ASI.

Dilansir Smart Parents, lebih dari 40 persen ibu menyusui yang telah mencoba produk mereka mengalami peningkatan pasokan susu dan peningkatan kualitas ASI. Beberapa melaporkan ASI yang lebih kental dan berkrim dalam beberapa hari pertama mencoba makan kacang.

Kacang-kacangan yang kaya akan lemak sehat dan antioksidan dapat membantu juga rasa susu terasa lebih enak lho, Bunda, seperti dikutip dari laman Knowyourpantry.

Lalu, sebagai ibu baru, Bunda pasti merasakan kurang tidur selama menyusui. Ini berarti tingkat energi berkurang. Kacang padat nutrisi menyediakan banyak vitamin dan mineral dan akan memberi Bunda energi yang sangat dibutuhkan, sambil mengisi kembali beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatasi rasa lelah.

Mereka juga mengandung folat, yang penting untuk perkembangan pra-kelahiran dan pasca-kelahiran bayi, dan merupakan sumber yang kaya Vitamin D, yang membuat kulit bercahaya dan rambut berkilau.

Bagaimana dengan mereka yang alergi kacang? Baca di halaman berikutnya, ya Bunda.

Bunda ingin membeli produk kesehatan dan kebutuhan ibu menyusui lainnya? Langsung aja yuk, klikĀ di sini.

Saksikan video tentang 5 makanan khas Lebaran yang bisa kurangi produksi ASI:

[Gambas:Video Haibunda]



TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT