sign up SIGN UP search

menyusui

Aneka Camilan Sehat untuk Ibu Menyusui, Dijamin Enggak Bikin Bosan

Atta Kharisma   |   Haibunda Kamis, 08 Dec 2022 10:14 WIB
Ibu menyusui makan caption
Jakarta -

Waktu menyusui merupakan masa emas bagi para Bunda untuk dapat terhubung dengan Si Kecil. Namun, Bunda butuh energi ekstra untuk dapat melewati masa-masa ini.

Salah satunya adalah dengan memenuhi asupan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan selama masa menyusui. Kebutuhan ini bisa Bunda dapatkan dari makanan dan camilan yang sehat.

Mendengar camilan sehat, mungkin Bunda akan langsung membayangkan buah dan sayuran. Tapi apa Bunda tahu, ternyata ada loh olahan camilan sehat yang bisa dinikmati untuk bantu isi energi saat menyusui.


Asupan penting ibu menyusui

Penasaran apa saja? Berikut aneka camilan sehat yang baik dikonsumsi selama masa menyusui dilansir dari berbagai sumber.

1. Trail Mix

Trail mix adalah sebuah camilan padat energi yang terdiri dari aneka kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering. Dengan komposisi tersebut, trail mix tidak hanya menjadi camilan yang kaya akan nutrisi tapi juga cocok bagi Bunda yang berusaha mempertahankan berat badan.

Cara membuatnya pun tidak sulit. Bunda hanya perlu mencampurkan jenis kacang, biji-bijian dan buah kering yang diinginkan dan tinggal menyantapnya. Cocok banget buat para Bunda yang nggak punya waktu untuk mempersiapkan camilan karena harus mengurus Si Kecil.

2. Waffle Oat dan Kacang

Untuk memenuhi kebutuhan serat dan lemak, oat dan kacang bisa menjadi pilihan. Tapi kalau dimakan begitu saja mungkin akan membosankan ya, Bun.

Untuk mengakalinya, Bunda bisa mencampurkan oat dan kacang ke olahan waffle agar lebih nikmat untuk disantap. Bunda juga bisa menambahkan topping seperti buah berry untuk menambah rasa serta kandungan nutrisinya.

3. Telur Rebus dan Susu Coklat

Telur rebus dan susu coklat mungkin aneh untuk dipasangkan. Tapi ternyata kombinasi keduanya sangat bermanfaat bagi ibu menyusui.

Telur rebus dan susu coklat kaya akan protein yang sangat dibutuhkan selama masa menyusui. Keduanya juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI Bunda selama menyusui. Selain itu, camilan sehat ini tidak sulit untuk dibuat, sehingga cocok bagi para Bunda yang nggak punya waktu menyiapkan camilan.

4. Dark Chocolate dan Berry

Lagi, coklat menjadi salah satu camilan yang bisa Bunda konsumsi selama masa menyusui. Selain dalam bentuk susu, Bunda juga bisa menikmati dark chocolate atau coklat hitam yang kaya akan antioksidan.

Agar semakin nikmat untuk disantap, Bunda bisa mengolah coklat hitam menjadi keik atau brownies. Kue coklat ini juga cocok dipadukan dengan buah berry seperti stroberi atau raspberry yang punya manfaat anti-inflammatory.

5. Roti Panggang dan Selai Kacang

Untuk camilan sehat di pagi hari, Bunda bisa menyantap roti panggang yang diolesi selai kacang. Roti mengandung karbohidrat yang lambat diserap oleh tubuh, sehingga membantu Bunda merasa kenyang lebih lama.

Di sisi lain, selai kacang mengandung lemak baik dan protein yang Bunda butuhkan selama masa menyusui. Tambahkan irisan buah-buahan seperti pisang untuk semakin menambah kandungan nutrisinya.

Itu tadi berbagai camilan sehat yang bisa Bunda konsumsi selama masa menyusui.Tapi jangan lupa, air mineral terutama yang mengandung mineral esensial juga sangat berperan penting loh! Selain lewat camilan,kebutuhan mineral Bunda juga dapat terbantu terpenuhi dari air mineral yang mengandung mineral esensial. Jadi, ga semua air mineral sama Bun. Pilih yang mengandung mineral esensial seimbang yang sehat dan berkualitas seperti Le Minerale.

Kandungan mineral esensial dalam Le Minerale terjaga aman kualitasnya karena dikemas dengan tutup kedap udara. Sehingga, bisa membantu Bunda tetap segar, sehat, dan bisa menyerap berbagai mineral esensial saat menyusui.

Bunda pun tidak perlu khawatir soal kualitas, karena Le Minerale diproduksi dari sumber mata air yang terjamin kualitasnya. Air mineral dengan kandungan mineral esensial ini memiliki rasa yang lebih segar dan enteng, sehingga cocok untuk Bunda yang tengah menyusui dan membutuhkan tambahan energi.

Bukan cuma itu saja, galon Le Minerale terbilang unik karena selalu menggunakan galon bening baru dengan tutup yang rapat. Hal ini membuat kandungan mineral esensialnya senantiasa terjaga dan sempurna sampai ke tangan konsumen. Tutup yang rapat juga memastikan kebersihan air mineral di dalamnya, serta mencegah datangnya kuman, virus dan bakteri masuk ke dalam air Bunda.

Maka dari itu Bunda, pilihlah air mineral dengan standar kualitas terbaik seperti Le Minerale yang sudah terbukti kesehatan, kebersihan dan manfaat baiknya untuk keluarga.

(fas)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!