sign up SIGN UP search


menyusui

Sajian Kacang Khas Lebaran yang Ternyata Bagus lho untuk Lancarkan ASI

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 02 May 2022 07:10 WIB
Ilustrasi manfaat kacang mete caption

Jakarta - Lebaran memang khas dengan kue-kue kering dan juga kacang tentunya ya, Bunda. Nah, bagi ibu menyusui, jadi kabar baik nih. Karena, bisa jadi camilan sehat saat keliling bersilaturahmi. Apalagi, ada juga kacang khas Lebaran yang ternyata bagus untuk melancarkan ASI.

Suguhan istimewa menu Lebaran memang beragam ya, Bunda. Dari mulai ketupat opor dan teman-temannya, meja tamu juga tak luput dari ragam kue kering dan kacang-kacangan yang menjadi menu khas Lebaran. 


Bagi ibu menyusui, kacang-kacangan memang jadi salah satu camilan yang bisa diandalkan. Apalagi, kacang-kacangan memang diketahui dapat membantu melancarkan ASI.

Seperti dikatakan Lois Sommers, RN, IBCLC, nutrisi yang baik saat menyusui memang diketahui dapat membantu meningkatkan suplai ASI dan memberikan busui lebih banyak energi.

banner janin aktif di sebelah kiribanner janin aktif di sebelah kiri/ Foto: haibunda.com/novita rizki

"Dalam hal menyusui, bayi akan mendapatkan semua yang diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat dari ASI. Apa yang Bunda makan karenanya penting dan makanan super menyusui harus menjadi pilihan busui," ujar Sommers, seperti dikutip dari laman Sanfordhealth.

Faktanya, beberapa makanan memang lebih baik daripada yang lain bagi ibu menyusui. Termasuk diantaranya kacang-kacangan yang penting dimasukkan dalam asupan harian busui.

Sebagai sumber protein, zat besi dan serat yang bagus, kacang-kacangan termasuk dalam makanan yang meningkatkan produksi ASI. Kacang-kacangan memiiliki banyak mineral dan fitokimia.

ilustrasi kacangSajian Kacang Khas Lebaran yang Ternyata Bagus lho untuk Lancarkan ASI/ Foto: ilustrasi kacang

Menurut American Institute for Cancer Research, penelitian tentang fitokimia telah menunjukkan bahwa bahan tersebut dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, memblokir zat-zat buruk yang kita makan, minum, dan bernapas dari menjadi karsinogen (penyebab kanker), mengurangi jenis  peradangan yang membuat pertumbuhan kanker, mencegah kerusakan DNA, membantu perbaikan DNA, mengurangi jenis kerusakan oksidatif pada sel yang dapat memicu kanker dan membantu mengatur hormon. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk video tentang 5 ASI booster alami terbaik.

[Gambas:Video Haibunda]



KACANG KHAS LEBARAN YANG TERNYATA BAGUS UNTUK MELANCARKAN ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!