menyusui

Dukungan Simpel Suami untuk Istri yang Sedang Menyusui

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 10 Jul 2018 - 13.26 WIB
Ilustrasi menyusui/ Foto: thinkstock Ilustrasi menyusui/ Foto: thinkstock
Jakarta - Keberhasilan menyusui atau lancar nggaknya seorang ibu menyusui si kecil nggak lepas dari peran suami. Nah, ada lho beberapa hal simpel yang bisa dilakukan suami untuk mendukung keberhasilan istri menyusui si kecil.

Kata konselor laktasi dari RS Sari Asih Ciputat, dr Hikmah Kurniasari MKM, CIMI, setelah si kecil lahir, menemani kontrol ke dokter anak lalu ikut menanyakan bagaimana kondisi si kecil bisa jadi dukungan simpel suami buat ibu menyusui. Kemudian, ucapkan kalimat yang mendukung misalnya kalimat sayang.

"Kalimat penguat, 'Ayo kamu pasti bisa' atau 'Yuk sama-sama berusaha supaya kamu bisa menyusui' itu mendukung banget. Sehingga, ibu merasa nyaman," kata dr Hikmah waktu ngobrol sama HaiBunda.

Kemudian, ayah juga bisa membantu menggendong bayi saat bunda sedang istirahat. Bahkan, kata dr Hikmah, menggendong atau membawakan bayi dari tempat tidur atau boks ke ibunya untuk disusui itu bisa membantu ibu saat menyusui. Tapi menurut pengalaman dr Hikmah kebanyakan bapak-bapak nggak berani gendong bayinya nih, Bun.



Makanya, sebagai konselor laktasi dr Hikmah sering banget mengajari para ayah menggendong bayinya lalu membantu memposisikan bayi dan memiringkan bayinya saat akan menyusu. Apalagi kalau ibu melahirkan lewat operasi caesar, pastinya bekas jahit terasa ngilu dan sakit sehingga bantuan simpel dari suami berarti banget.

"Suami yang membantu itu akan bikin ibu lebih happy. Kemudian ayah juga bisa membantu menyendawakan bayi, me-massage, memandikan, dan nggantiin popok bisa dilakukan kok. Menyediakan makanan minuman buat ibu, lalu saat pulang kerja bawa sesuatu kesukaan ibu, wah itu bisa bikin ibu happy," tutur dr Hikmah.

Intinya, hal-hal kecil yang dilakukan suami dan bisa bikin istri happy membantu banget dalam keberhasilan ibu menyusui. Jangan salah, Bun, pulang kantor tepat waktu juga berperan penting lho. Soalnya, setelah melahirkan kondisi psikis ibu bisa lebih sensitif. Sehingga, saat suami pulang telat tanpa memberi kabar bisa jadi bikin ibu kesal bahkan sedih.

"Yang nggak kalah penting membangun komunikasi yang baik. Dukung ibu membantu menyelesaikan masalah menyusui, jangan malah menyalahkan atau bikin istri kurang nyaman," kata dr Hikmah.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi