menyusui

Catat, Daftar Makanan yang Wajib Dihindari Selama Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 12 Mar 2019 - 18.32 WIB
Pantangan makanan ibu menyusui/ Foto: iStock Pantangan makanan ibu menyusui/ Foto: iStock
Jakarta - Suplai ASI dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya makanan. Selektif memilih makanan sangat dianjurkan agar pasokan ASI untuk si kecil tetap aman, Bun.

Dikatakan Desi Horsman, seorang ahli gizi dan pelatih kesehatan, beberapa makanan ternyata dapat mempengaruhi produksi ASI lho, Bun. Ada beberapa makanan yang harus pejuang ASI harus dihindari selama periode menyusui.

"Meskipun tidak semua makanan dan cairan melewati ASI Bunda selama proses pencernaan, tetapi makanan atau minuman mempengaruhi ASI Bunda dengan cara apa pun, dan itu akan berdampak pada bayi Bunda,"kata Horsman dikutip dari Living and Loving.


Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari yakni makanan pedas, karena beberapa penelitian menunjukkan makanan pedas akan mengubah rasa ASi dan mempengaruhi seberapa banyak bayi Bunda minum setiap kali menyusui.

Sebaiknya Bunda juga menghindari beberapa sayuran dan kacang-kacangan yang menyebabkan gas. Di antaranya ada brokoli, kol, bawang, dan kembang kol dyang juga memicu perut kembung dan kram jika dimakan berlebihan.

Melansir Booties and The Beast, makanan lain yang juga turut mempengaruhi pasokan ASI yakni peppermint dan spearmint. Tetapi, selama tidak meneguk minyak peppermint dan spearmint dalam jumlah besar, persediaan ASI akan baik-baik saja kok, Bun.

[Gambas:Instagram]

Peterseli juga menjadi makanan yang sebaiknya dihindari selama masa menyusui, Bun. Pasalnya, peterseli mengandung unsur-unsur yang dapat mengurangi pasokan ASI, seperti halnya peppermint dan spearmint.

Bunda juga perlu menghindari daun sage yang dapat mengurangi pasokan ASI. Sage memang memiliki estrogen alami, tetapi jika digunakan dalam jumlah yang banyak untuk menambah rasa makanan justru dapat mengganggu ketersediaan ASI ibu menyusui. Jadi, carilah alternatif bumbu lainnya untuk menambah rasa pada makanan ya, Bun.

Nah, sudah tahu kan, Bun, deretan makanan apa saja yang dapat mempengaruhi produksi ASI. Selain faktor di atas, Bunda juga harus memperhatikan fakor lain yang dapat mengurangi produksi ASI.


"Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pasokan susu rendah selama menyusui diantaranya tidak cukup sering menyusui, posisi dan pelekatan yang tidak tepat, obat-obatan tertentu, dan lainnya,"kata Elizabeth LaFieu, konsultan Laktasi di Mayo Clinic.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi