sign up SIGN UP search

menyusui

5 Makanan Pantangan Ibu Menyusui agar ASI Lancar, Termasuk Suplemen Herbal

Kinan   |   Haibunda Sabtu, 07 May 2022 07:10 WIB
Young woman holding her sleeping baby in the kitchen 5 Makanan Pantangan Saat Menyusui Agar ASI Tetap Lancar/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Wavebreakmedia

Jakarta - Mengatur pola dan menu makanan menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan busui. Sebab, konsumsi makanan bergizi menjadi salah satu hal yang memengaruhi kelancaran produksi dan suplai ASI.

Disampaikan oleh konsultan laktasi, Jamila H Ricchardson, BSN, RN, IBCLC, beberapa di antaranya seperti buah dan sayuran, biji-bijian, protein, serta makanan kaya kalsium.

Dikutip dari Kidshealth, saat menyusui Bunda membutuhkan tambahan sekitar 450 hingga 500 kalori ekstra per hari untuk membantu mempertahankan produksi ASI.


Sebaliknya, ada pula beberapa makanan pantangan yang justru sebaiknya dihindari oleh Bunda saat menyusui.

Disebut-sebut beberapa jenis makanan pantangan ini selain dapat terserap ke dalam ASI, juga dapat membuat ASI jadi seret alias tidak lancar. Berikut daftarnya:

1. Ikan tinggi merkuri

Ikan menjadi salah satu makanan yang baik rutin dikonsumsi karena memiliki banyak nutrisi, tetapi tidak dengan ikan jenis tinggi merkuri ya, Bunda.

Misalnya seperti ikan makarel, marklin, hiu, dan lain-lain. Dikutip dari Healthline, tingginya kadar merkuri yang terdapat dalam jenis ikan ini dikhawatirkan dapat menghambat perkembangan saraf bayi.

Selain jenis ikan ini, Bunda juga sebaiknya menghindari dulu konsumsi ikan kalengan karena memiliki zat pengawet.

2. Kafein

Kafein terdapat dalam beberapa jenis asupan, termasuk kopi, teh dan cokelat. Efek ini mungkin dapat memengaruhi kesehatan bayi apabila Bunda terlalu sering mengonsumsinya secara berlebihan, misalnya lebih dari 2-3 cangkir per hari.

Saat mengonsumsi kafein terlalu banyak, Bunda biasanya juga jadi sulit fokus dan tidak bisa istirahat dengan nyenyak. Padahal istirahat menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kelancaran produksi ASI.

Banner Obat Alami Atasi Payudara SakitObat Alami Atasi Payudara Sakit/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Jika Bunda kurang tidur, ASI berisiko jadi seret alias nggak lancar.

Apabila Bunda sedang ingin mengonsumsi minuman hangat, kafein dapat diganti dengan pilihan lain seperti teh chamomile atau sari jahe hangat.

3. Suplemen herbal tertentu

Beberapa herbal dikenal dengan sifat galaktagog alias dipercaya membantu melancarkan ASI. Termasuk di antaranya seperti fenugreek.

Meski begitu, ada juga beberapa herbal yang justru dapat menurunkan suplai ASI. Yang termasuk di dalamnya seperti sage, oregano, lemon balm, peterseli, dan thyme.

Bahan-bahan herbal ini dikatakan dapat menurunkan produksi ASI jika dikonsumsi dalam jumlah banyak selama masa menyusui. 

Selain itu, buah kering yang dikeringkan seperti chasteberry juga sebaiknya tidak dikonsumsi, termasuk dalam bentuk suplemen herbal.

Jenis buah kering ini dapat mengurangi produksi hormon prolaktin yang merangsang suplai ASI. Nantinya ketika prolaktin semakin menurun, ASI jadi berisiko seret.

Apa lagi makanan yang sebaiknya dihindari atau pantang dimakan ibu menyusui? Simak di halaman selanjutnya!

Bun, sudah tahu manfaat kelengkeng untuk ibu menyusui? Simak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



HINDARI JUGA TEH HINGGA PERMEN PEPPERMINT NIH, BUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!