sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Makan Mi Instan, Bikin ASI jadi Kurang Bernutrisi

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 25 Dec 2019 12:01 WIB
Ibu Menyusui Makan Mi Instan, Bikin ASI jadi Kurang Bernutrisi caption
Jakarta - Dalam cuaca dingin seperti akhir-akhir ini, godaan mi instan susah dihindari ya, Bunda. Tapi kalau lagi menyusui, masih boleh enggak ya makan mi instan?

Melansir Parenting First Cry, ibu hamil dan menyusui memang sebaiknya menjaga pola makanan mereka secara seimbang. Apalagi, banyak makanan sehari-hari yang rasanya lezat, tetapi dapat berdampak buruk pada kesehatan bayi yang sedang berkembang. Itu sebabnya makanan-makanan tersebut harus dihindari.


Megha Mukhija, seorang nutrisionis mengatakan, mengonsumsi mi instan bukanlah pilihan yang baik. Memang rasanya enak, penuh dengan rempah-rempah, dan dapat dimasak dalam sekejap. Tetapi, makanan ini tidak tepat untuk dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui.


"Mi instan tidak menawarkan nilai gizi apa pun dan mi instan hanya memuaskan rasa lapar untuk jangka waktu tertentu. Jadi, menghindarinya adalah ide terbaik. Apalagi, zat berbahaya lain ada dalam mi instan seperti MSG yang dapat membahayakan bayi jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih," katanya.

Ibu Menyusui Makan Mi Instan, Bikin ASI jadi Kurang BernutrisiIbu menyusui dilarang makan mi instan/Foto: Istock

Perlu Bunda diketahui bahwa untuk membuat ASI berkualitas tentu Bunda perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Sebab, jika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, maka tubuh akan mengambil cadangan yang tersedia. Efeknya, proses tersebut akan membuat Bunda jadi lemas dan ASI pun jadi kurang berkualitas, seperti dikutip dari laman Today.


Diet seimbang yang perlu ibu menyusui penuhi yakni,  variasi makanan dari campuran karbohidrat sehat (seperti beras merah, roti, gandum, pasta dan sereal), buah-buahan dan sayuran, susu rendah lemak, protein tanpa lemak, dan lemak sehat seperti kanola dan minyak zaitun, alpukat, serta kacang-kacangan.

Semoga membantu ya, Bunda.

Bunda, sudah tahu mengenai tounge tie yang bikin bayi susah menyusu? Simak yuk penjelasannya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi