MOM'S LIFE

Enggan 'Bermesraan' Sama Suami karena Kelelahan? Bunda Nggak Sendiri Kok

Radian Nyi Sukmasari 25 Sep 2017
Enggan Bermesraan Sama Suami karena Kelelahan? Bunda Nggak Sendiri Kok/ Foto: thinkstock Enggan 'Bermesraan' Sama Suami karena Kelelahan? Bunda Nggak Sendiri Kok/ Foto: thinkstock
Jakarta - Sebagai istri dan ibu, mengurus anak dan rumah tangga, ditambah lagi kalau bekerja, bisa bikin lelah ya, Bun. Kadang, karena saking lelahnya, saat ada waktu luang pun inginnya istirahat saja. Bahkan, untuk bermesraan dan berhubungan intim sama suami juga jadi enggan. Sebagai seorang istri dan ibu, Bunda pernah merasakannya?

Tenang, Bunda nggak sendirian kok. Soalnya, berdasarkan studi yang diterbitkan di BMJ Open baru-baru ini, disebutkan kalau gairah bercinta wanita turun drastis. Dalam studi ini, peneliti juga menemukan kalau seorang ibu yang baru hamil beberapa tahun terakhir, mengaku gairah bercintanya turun seperti saat mereka punya anak lebih dari satu atau punya anak yang usianya lebih kecil.

Salah satu peneliti, Cynthia A Graham bilang studi ini mensurvei 4.839 pria dan 6.669 wanita usia 16-74 tahun. Ditemukan, 15 persen pria dan 34,2 persen wanita nggak punya keinginan untuk intim dengan suami dan berhubungan badan selama tiga bulan atau lebih, dalam setahun.

"Kelelahan yang dialami ibu terkait dengan fakta kalau tugas utama untuk membesarkan anak benar-benar jadi fokus para ibu. Sehingga, perubahan ini dialami lebih banyak oleh para ibu ketimbang para ayah, setelah punya anak. Selain itu, memang menurunnya gairah seksual pada para ibu terkait juga dengan persepsi mereka terhadap hubungan dengan pasangan, komunikasi, dan ekspektasinya tentang hubungan seks," kata Cynthia, dikutip dari Essential Kids.

Baca juga: Suami Memuji Perempuan Lain, Wajarkah Kalau Istri Cemburu?

Berdasarkan hasil studi, Cynthia dan tim merekomendasikan supaya pasangan membuat kesepakatan soal pembagian tugas di rumah. Kata Cynthia, hal ini penting, Bun untuk membantu istri nggak merasa kelelahan. Apalagi, bantuan simpel dari suami saja kadang berharga banget kan, Bun, buat kita. Setuju?

Kalau kata pengamat kesehatan seksual dr Andri Wanananda MS, pada wanita yang udah punya anak, mereka memang perlu memberikan perhatian ekstra untuk si kecil dan untuk melakukannya, perlu energi fisik dan psikis yang besar. Nah, pencurahan dua energi itu kata dr Andri bisa aja menganggap keseimbangan hormon wanita dan akibatnya gairah seksual pun menurun.

"Apa yang bisa dilakukan suami ? Ajak istri exercise bersama, pergi ke tempat biasa Anda kencan dan sehari-hari, beri perhatian yang sifatnya tender loving care. Misalnya sebelum kek kantor beri kecupan istri. Diharapkan dengan tender loving care ini akan timbul inner healing yang bisa membangkitkan kembali gairah seksualnya," kata dr Andri dalam wawancara dengan detikHealth.

Baca juga: Yang Bisa Dilakukan Suami Saat Istri Alami Depresi Pasca Melahirkan

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi