MOM'S LIFE

Sedang Stres? Coba Cium Aroma Tubuh Suami di Pakaiannya Deh, Bun

10 Jan 2018
Sedang Stres? Coba Cium Aroma Tubuh Suami di Pakaiannya Deh, Bun/ Foto: thinkstock Sedang Stres? Coba Cium Aroma Tubuh Suami di Pakaiannya Deh, Bun/ Foto: thinkstock
Jakarta - Nonton DVD, jalan-jalan, ke salon, atau makan biasanya jadi cara beberapa Bunda untuk meredakan stres. Nah, udah pernah coba mencium bau tubuh suami di pakaiannya untuk meredakan stres belum, Bun?

Kalau belum, nggak ada salahnya kita coba lho. Soalnya, ada studi terbaru yang bilang kalau aroma tubuh orang tercinta, terutama suami bisa meredakan tingkat stres dan bikin lebih rileks. Nah, untuk studi yang dipublikasi di The Journal of Personality and Social Psychology ini peneliti mengamati 96 pasangan. Si perempuan diminta mencium baju yang udah disediakan.

Ada baju baru, baju yang dipakai orang lain, dan baju yang dipakai suami. Selama pakai baju ini, suami nggak boleh pakai produk perawatan kayak deodoran dan makan makanan yang bisa memengaruhi aroma tubuh. Tes yang dikasih ke para perempuan yaitu semacam wawancara kerja dan matematika. Sampel air ludahnya juga diambil untuk melihat tingkat stresnya.

Hasilnya, Bun, para istri yang nyium aroma tubuh suaminya punya kadar stres yang nggak terlalu tinggi ketimbang saat nyium aroma baju baru dan baju yang dipakai orang asing. Kata ketua peneliti, Marlise Hofer, kebanyakan orang akan merasa nyaman saat dekat sama pasangan dalam kondisi stres.



"Nah temuan kami menunjukkan aroma tubuh pasangan bisa membawa efek baik saat wanita stres bahkan ketika secara fisik pasangan tidak hadir di sini," kata Merlise dikutip dari Essential Kids.

Sementara itu, mencium aroma tubuh orang lain justru bikin kita makin stres wajar banget, Bun. Soalnya, kata Merlise sejak kecil, naluri kita sebagai manusia akan mensetting mode fight or flight ketika berhadapan dengan orang asing.

Penulis studi lain, Frances Chen menambahkan seenggaknya hasil studi ini bisa ngasih alternatif ketika seseorang stres. Ya, apalagi zaman sekarang mobilisasi tinggi banget, kalau kita stres nggak ada salahnya nih mencium aroma tubuh suami yang jejaknya ditinggalkan di baju atau barangnya yang lain.

Dalam keadaan stres, masing-masing orang memang punya cara sendiri untuk meredakannya. Sebagai istri dan ibu, hal terpenting adalah kita nggak boleh membiarkan diri kita stres berkepanjangan, Bun. Seperti kata psikolog klinis dari Tiga Generasi Anna Dauhan, saat stres coba menepi sejenak buat meredakan tekanan yang dirasa.

Soalnya, ketika stres dan seseorang terus memaksakan melakukan sesuatu, hasilnya nggak akan maksimal. Pada seorang ibu dan istri, dampaknya bahkan bisa kena ke anak-anak dan pasangan. Alhasil, ada aja masalah yang terjadi di rumah. Nah, gimana, Bun? Mau coba meredakan stres dengan mencium aroma tubuh suami?

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi