MOM'S LIFE

Kata Nana Mirdad Soal Kritikan Mandi Bareng Anaknya

Amelia Sewaka Selasa, 13 Mar 2018 - 10.29 WIB
Kata Nana Mirdad Soal Kritikan Mandi Bareng Anaknya (Foto: Dok. Instagram/nanamirdad_) Kata Nana Mirdad Soal Kritikan Mandi Bareng Anaknya (Foto: Dok. Instagram/nanamirdad_)
Jakarta - Suatu kali aktris cantik Nana Mirdad mengunggah foto dirinya yang mandi bareng anaknya di bathtub. Hal itu mengundang kritikan yang disampaikan dengan nada nyinyir oleh netizen.

Netizen mempermasalahkan Nana yang tampak berendam bareng Jason, anak laki-lakinya yang berusia 11 tahun di bathtub, juga anak perempuannya. Ada yang bilang aktivitas mereka menjijikkan dan nggak pantas dilakukan mengingat Jason sudah beranjak remaja.

Membaca kritikan pedas itu, tentu Nana merasa gemas. Dia pun angkat suara. "Hai Ibu-ibu, maaf ya sebelumnya tapi kalau mau komentar apa nggak lebih baik ditanya dulu sebelum ngatain jijik? Sebenarnya nggak perlu saya jelasin sih karena I don't owe any explanation to anyone," tulis Nana dalam kolom komentar.

[Gambas:Instagram]



Nana pun menjelaskan sebelum berendam di bathtub, dia dan anak-anaknya baru saja berenang. Nah, karena kedinginan mereka lantas berendam bersama di bathtub yang berisi air hangat. Saat berendam, mereka masih mengenakan bikini maupun celana renang. Momen berharga itu diabadikan oleh suami Nana, Andrew White.

"Memang judging people itu sangat gampang kalau yang dilihat hanya covernya aja dan negative thingking. Saya bukan klarifikasi takut dianggap gimana-gimana, lebih ke arah gemes dengan negative judgement yang terlalu cepat plus sedang moody," lanjut Nana.



Nana pun menutup komentarnya dengan, "A little bit of positivity wouldn't hurt our soul, thank you," tutup Nana.

Di antara kritikan itu, masih banyak juga lho yang mendukung Nana. "Family goals, love the way Nana & Andrew teach their child," tulis seorang netizen. Ada juga yang berkomentar, "Netizennya kurang piknik, jalannya kurang jauh,". Seorang pengguna Instagram lain berkomentar, "Mom & kids goals,".

Hmm, kadang memang gampang banget untuk ngata-ngatain orang lain, untuk memaksa orang lain memakai 'sepatu' yang kita pakai. Sering kali kita berlaku baik saja salah, apalagi kalau nggak baik ya. Ya, namanya juga omongan orang, kita nggak bisa ngerem.

Pola asuh yang dilakukan orang tua juga sering kali jadi bahan gunjingan orang lain. Soal ini, psikolog anak, Vera Itabiliana mengatakan perlu dipahami bahwa setiap orang tua bebas punya gaya pengasuhan masing-masing. Sepanjang tidak melanggar hak-hak anak atau menyakiti anak, sebenarnya nggak usah selalu dikomentari.

"Pastikan saja apa yang orang tua terapkan pada anak-anak mereka adalah sudah tepat, terbaik, dan sesuai dengan tumbuh kembang anak sehingga orang tua perlu terus belajar," papar psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan UI ini saat ngobrol dengan HaiBunda.

Belajar bisa darimana saja, Bun, karena menjadi orang tua tidak ada sekolahnya. Nah, termasuk nyinyiran sebenarnya bisa dijadikan juga sebagai feedback yang membangun.

"Sikapi saja dengan positif, tidak perlu diberi argumen. Toh, yang nyinyir tadi tidak tahu apa yang kita hadapi karena mereka bukan kita," sambung Vera.



Psikolog anak dan keluarga dari Tiga Generasi Anna Surti Ariani atau Nina menambahkan gimana pola asuh si orang tua, nggak bisa kita hakimi begitu aja karena masing-masing orang tua punya gaya tersendiri dan itu hak mereka dalam membesarkan anak mereka.

Yang penting, kata dia, nggak perlu kita terlalu mudah menghakimi orang lain, termasuk pola asuhnya, Bun. Karena setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya dan kita kan nggak pernah tahu bagaimana kondisi dan nilai yang ada di keluarga tersebut.

Tetap semangat ya Bunda Nana dan Bunda cantik semuanya! (aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi